Demikian dalam edisi kali ini, Jurnal Citradirga banyak memuat artikel ilmiah yang mengangkat isu sosial; mulai dari topik UMKM, kampanye sosial, pengobatan rohani, iklan layanan masyarakat, sanggar tari, hingga legenda Tiongkok. Hal ini sedikit banyak merupakan sebuah bentuk kontribusi akademisi terhadap problem praksis dunia sosial, yang bersifat mengakar dan bekerja di wilayah masyarakat akar rumput. Desain Komunikasi Visual sebagai disiplin ilmu hendaknya memang berupaya menjadi pemecah problem-problem kongkret, mendasar, dan berbasis pada praksis di masyarakat. Hal ini menjadi penting di tengah-tengah stereotipe DKV yang identik dengan aktivitas komersial yang hanya "melayani" korporat, dan tidak peduli terhadap usaha kecil ataupun aktivitas sosial lainnya.
Artikel
-
Strategi Pembentukan Citra Produk UKM melalui Perancangan Desain Kemasan Stick Snack “Sabilla Djaya”DOI : https://doi.org/10.33479/cd.v3i01.357 Abstract View: 268, PDF (Bahasa Indonesia) Download: 452
-
DOI : https://doi.org/10.33479/cd.v3i01.385 Abstract View: 150, PDF (Bahasa Indonesia) Download: 163
-
DOI : https://doi.org/10.33479/cd.v3i01.406 Abstract View: 369, PDF (Bahasa Indonesia) Download: 453
-
DOI : https://doi.org/10.33479/cd.v3i01.407 Abstract View: 146, PDF (Bahasa Indonesia) Download: 173
-
DOI : https://doi.org/10.33479/cd.v3i01.424 Abstract View: 205, PDF (Bahasa Indonesia) Download: 466
-
DOI : https://doi.org/10.33479/cd.v3i01.325 Abstract View: 4, PDF (Bahasa Indonesia) Download: 3