ANALISIS DAN PERANCANGAN STARTUP WISATA MALANG RAYA ( ALMAC ) DENGAN METODE PROTOTYPE

  • Melvin Natalino Chandra
  • Hendro Poerbo Prasetiya
Keywords: Anlisis dan Perancangan, Startup, Wisata, ALMAC, Prototype

Abstract

Malang Raya adalah salah satu tempat di Jawa Timur yang memiliki banyak sekali tempat wisata yang unik dan cukup menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan yang berasal dari dalam dan luar kota Malang Raya bahkan dari luar negeri.
Tetapi menurut Informasi yang dilansir dari berita jatimtimes menjelaskan bahwa pemerintah daerah masih kurang menyediakan infrastruktur pendukung dalam pengembangan potensi wisata di Malang Raya. Hal inilah yang menyebabkan masih terdapat wisatawan dari luar kota yang datang ke kota Malang kesulitan untuk mencari informasi. pengelola wisata juga membutuhkan media promosi untuk meningkatkan pendapatan dan menarik minat wisatawan untuk berkunjung.
Startup ALMAC dapat digunakan mengatasi persoalan tersebut. Dalam pengembangan startup ALMAC dibutuhkan sebuah analisis dan perancangan sistem agar startup ALMAC tersebut dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Analisis dan Perancangan Startup ALMAC ini memberikan gambaran mengenai kebutuhan wisatawan dalam mencari informasi terkait tempat tempat wisata yang ada di daerah Malang Raya beserta informasi pendukungnya seperti memesan paket wisata, hotel, transportasi, membuat perencanaan budget dan dapat digunakan oleh pengelola wisata, hotel, dan rental di Malang Raya sebagai media promosi untuk meningkatkan pendapatan. Didalam pengembangan perancangannya, startup ini menggunakan metode prototype.
Dari perancangan yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa analisis dan perancangan sistem startup ALMAC telah dirancang dengan baik dan telah sesuai dengan perencanaannya dan metode prototype dapat dipakai sebagai dasar perancangan Startup ALMAC.

Published
2022-03-30