FENOMENA LINGUISTIS GADIS AUTIS DALAM FILM INNOCENT WITNESS: KAJIAN PSIKOLINGUISTIK
Abstract
Penelitian ini mengkaji fenomena linguistik gangguan berbahasa gadis autis dengan sindrom Asperger dalam film Innocent Witness karya Lee Han. Metode deskriptif kualitatif digunakan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang kondisi tersebut, dengan pendekatan yang mencakup analisis teori Scovel tentang tahapan konseptualisasi, formulasi, artikulasi, dan pemantauan diri dalam produksi bahasa. Teknik pengumpulan data melibatkan peninjauan film,z transkripsi dialog, dan analisis isi untuk mengidentifikasi gangguan berbahasa yang dialami karakter autis. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami kondisi autisme, khususnya sindrom Asperger, yang memengaruhi kemampuan berbahasa dan komunikasi karakter Ji-woo. Hasil penelitian mengungkapkan dominasi gangguan konseptualisasi dalam interaksi Ji-woo, menyoroti tantangan yang dihadapi individu dengan autisme dalam berkomunikasi. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran publik tentang autisme, serta mendorong penerimaan dan inklusi yang lebih baik bagi individu dengan gangguan berbahasa dalam masyarakat.
References
https://journal.uir.ac.id/index.php/sajak/article/download/13603/5402/47093
Basri, M. B., Hamsa, A., & Salam. (2022). Communication Skills Exhibited By a Child With Asperger Syndrome. Curricula: Journal of Teaching And Learning, 37-48.
http://dx.doi.org/10.22216/jcc.2022.v7i1.912
Chaer, A. (2002). Psikolinguistik. Jakarta: Rineka Cipta.
Chaer, A., & Agustina, L. (1995). Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.
Chapters 2-5 of “Psycholinguistics” by Thomas Scovel. (2021, March 6). Diambil kembali dari StudyCorgi: https://studycorgi.com/chapters-2-5-of-psycholinguistics-by-thomas-scovel/
Chomsky, N. (1957). Syntactic structures. Washington DC: The Hague : Mouton.
Dewi, M. I., & Putri, R. A. (2022). Analisis Gangguan Bahasa Gagap (Stuttering) Dalam Film “The King’s Speech”, Pendekatan Psycholinguistics. TEDC, 231-241.
https://ejournal.poltektedc.ac.id/index.php/tedc/article/download/635/503
Fimawati, Y., Dhanawaty, N. M., & Sukarini, N. W. (2017). Kemampuan Berbahasa Anak Autis Tipe Pddnos Di Slb Muhammadiyah Sidayu Gresik: Kajian Psikolinguistik . Linguistika, 203-220.
https://media.neliti.com/media/publications/229555-kemampuan-berbahasa-anak-autis-tipe-pddn-52009162.pdf
Francis, W. N. (1958). The structure of American English. New York: Ronald Press Co.
Indah, R. (2017). Gangguan Berbahasa: Kajian Pengantar. Malang: UIN Maliki Press.
Napitupulu, L. H. (2023). Kemampuan Berbahasa Anak Dengan Sindrom Asperger. BIP: Jurnal Bahasa Indonesia Prima, 157-168.
https://doi.org/10.34012/bip.v5i2.4162
Rosly, N. S., & Rahim, N. A. (2015). Penerapan Elemen Penceritaan Dalam Teknik Pembelajaran Kanak-Kanak Sindrom Asperger. Journal of Business and Social Development, 76-87.
http://psasir.upm.edu.my/id/eprint/46502
Saalasti, S., Lepisto, T., & dkk. (2008). Language Abilities of Children with Asperger Syndrome. J Autism Dev Disord, 1574-1580.
https://doi.org/ 10.1007/s10803-008-0540-3
Saichu, A. C., & Listiyandini, R. A. (2018). Pengaruh Dukungan Keluarga dan Pasangan terhadap Resiliensi Ibu yang Memiliki Anak dengan Spektrum Autisme. Psikodimensia, 1-9.
https://doi.org/10.24167/psidim.v17i1.1293
Scovel, T. (1998). Psycholinguistics. Oxford: Oxford University.
Sidharta. (1984). Berbagai Gangguan Berbahasa Pada Anak. Jakarta: Lembaga Bahasa Unika Atma Jaya.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Valentino, F., & Lesmana, F. (2023). Representation of Communication Patterns Adults to Autism Children in Film Innocent Witness. Jurnal of Content and Engagement, 152-168.
https://doi.org/10.9744/joce.1.2.152-168
Yuwono, J. (2009). Memahami anak autistik : kajian teoritik dan empirik. Bandung: Alfabeta.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access Policy
This is an open access journal which means that all content is freely available without charge to the users or their institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of the articles, or use them for any other lawful purpose, without asking prior permission from the publisher or the author. This is in accordance with the BOAI definition of open access.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.