FENOMENA LINGUISTIS GADIS AUTIS DALAM FILM INNOCENT WITNESS: KAJIAN PSIKOLINGUISTIK

  • Farihanum Shania Izza Santosa
  • Jihan Labibah unesa
  • Kurnia Sari Herowati
Keywords: gangguan berbahasa, autisme, sindrom asperger, teori scovel

Abstract

Penelitian ini mengkaji fenomena linguistik gangguan berbahasa gadis autis dengan sindrom Asperger dalam film Innocent Witness karya Lee Han. Metode deskriptif kualitatif digunakan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang kondisi tersebut, dengan pendekatan yang mencakup analisis teori Scovel tentang tahapan konseptualisasi, formulasi, artikulasi, dan pemantauan diri dalam produksi bahasa. Teknik pengumpulan data melibatkan peninjauan film,z transkripsi dialog, dan analisis isi untuk mengidentifikasi gangguan berbahasa yang dialami karakter autis. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami kondisi autisme, khususnya sindrom Asperger, yang memengaruhi kemampuan berbahasa dan komunikasi karakter Ji-woo. Hasil penelitian mengungkapkan dominasi gangguan konseptualisasi dalam interaksi Ji-woo, menyoroti tantangan yang dihadapi individu dengan autisme dalam berkomunikasi. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran publik tentang autisme, serta mendorong penerimaan dan inklusi yang lebih baik bagi individu dengan gangguan berbahasa dalam masyarakat.

References

Anugrah, A. N., Ananda, N. T., & Ramadhan, M. R. (2023). Gangguan Berbahasa Tataran Fonologis pada Penderita Autisme Tokoh Hendra dalam Film My Idiot Brother. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Sastra, Bahasa, dan Pendidikan, 2(2), 212-216.
https://journal.uir.ac.id/index.php/sajak/article/download/13603/5402/47093

Basri, M. B., Hamsa, A., & Salam. (2022). Communication Skills Exhibited By a Child With Asperger Syndrome. Curricula: Journal of Teaching And Learning, 37-48.
http://dx.doi.org/10.22216/jcc.2022.v7i1.912

Chaer, A. (2002). Psikolinguistik. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, A., & Agustina, L. (1995). Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Chapters 2-5 of “Psycholinguistics” by Thomas Scovel. (2021, March 6). Diambil kembali dari StudyCorgi: https://studycorgi.com/chapters-2-5-of-psycholinguistics-by-thomas-scovel/

Chomsky, N. (1957). Syntactic structures. Washington DC: The Hague : Mouton.

Dewi, M. I., & Putri, R. A. (2022). Analisis Gangguan Bahasa Gagap (Stuttering) Dalam Film “The King’s Speech”, Pendekatan Psycholinguistics. TEDC, 231-241.
https://ejournal.poltektedc.ac.id/index.php/tedc/article/download/635/503

Fimawati, Y., Dhanawaty, N. M., & Sukarini, N. W. (2017). Kemampuan Berbahasa Anak Autis Tipe Pddnos Di Slb Muhammadiyah Sidayu Gresik: Kajian Psikolinguistik . Linguistika, 203-220.
https://media.neliti.com/media/publications/229555-kemampuan-berbahasa-anak-autis-tipe-pddn-52009162.pdf

Francis, W. N. (1958). The structure of American English. New York: Ronald Press Co.

Indah, R. (2017). Gangguan Berbahasa: Kajian Pengantar. Malang: UIN Maliki Press.

Napitupulu, L. H. (2023). Kemampuan Berbahasa Anak Dengan Sindrom Asperger. BIP: Jurnal Bahasa Indonesia Prima, 157-168.
https://doi.org/10.34012/bip.v5i2.4162

Rosly, N. S., & Rahim, N. A. (2015). Penerapan Elemen Penceritaan Dalam Teknik Pembelajaran Kanak-Kanak Sindrom Asperger. Journal of Business and Social Development, 76-87.
http://psasir.upm.edu.my/id/eprint/46502

Saalasti, S., Lepisto, T., & dkk. (2008). Language Abilities of Children with Asperger Syndrome. J Autism Dev Disord, 1574-1580.
https://doi.org/ 10.1007/s10803-008-0540-3

Saichu, A. C., & Listiyandini, R. A. (2018). Pengaruh Dukungan Keluarga dan Pasangan terhadap Resiliensi Ibu yang Memiliki Anak dengan Spektrum Autisme. Psikodimensia, 1-9.
https://doi.org/10.24167/psidim.v17i1.1293

Scovel, T. (1998). Psycholinguistics. Oxford: Oxford University.

Sidharta. (1984). Berbagai Gangguan Berbahasa Pada Anak. Jakarta: Lembaga Bahasa Unika Atma Jaya.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Valentino, F., & Lesmana, F. (2023). Representation of Communication Patterns Adults to Autism Children in Film Innocent Witness. Jurnal of Content and Engagement, 152-168.
https://doi.org/10.9744/joce.1.2.152-168

Yuwono, J. (2009). Memahami anak autistik : kajian teoritik dan empirik. Bandung: Alfabeta.
Published
2024-06-23