INTERFERENSI BAHASA BETAWI DALAM SINIAR DEDDY CORBUZIER “EMOSI!!! BABE HAIKAL MENJAWAB BUYA ARRAZY!! PALESTINA BUTUH INI!!”

  • Intan Ardila Permatasari Universitas Jenderal Soedirman
  • Farida Nuryatiningsih
  • Octaria Putri Nurhayani
Keywords: Interferensi, Bahasa Betawi, Siniar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui wujud-wujud interferensi bahasa Betawi yang terjadi dalam siniar Deddy Corbuzier dengan judul “Emosi!! Babe Haikal Menjawab Buya Arrazy!! Palestina Butuh ini!!”. Penelitian ini menggunakan metode deksriptif kualitatif dengan analisis menggunakan metode padan dan teknik pilah unsur penentu (PUP). Pada siniar Deddy Corbuzier dengan judul “Emosi!! Babe Haikal Menjawab Buya Arrazy!! Palestina Butuh ini!!” ditemukan adanya 32 wujud interferensi bahasa Betawi dalam siniar tersebut. Ditemukan adanya 24 interferensi pada bidang fonologi, 7 interferensi bidang morfologi, dan 1 interferensi bidang sintaksis. Dengan demikian terdapat wujud interferensi bahasa Betawi pada siniar Deddy Corbuzier dengan judul “Emosi!! Babe Haikal Menjawab Buya Arrazy!! Palestina Butuh ini!!” yang didominasi oleh interferensi bidang fonologi dengan temuan 24 data. Interferensi bahasa Betawi yang ditemukan tersebut disebabkan oleh penggunaan bahasa pertama penutur atau narasumber siniar.

References

Azella, Nur & Rosalina Sinta. (2022). “Interferensi Bahasa Betawi Dalam Obrolan Bahasa Indonesia Pada Tayangan Obrolan Of The Day”. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.Vol. 9. No 2.

Chaer, Abdul dan Agustina. (2014). Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Sumarsono. (2012). Sosiolinguistik. Yogyakarta: Sabda.

Wardaugh, Ronald (2015). An Introduction to Sosioliguistics: Seventh edition. Oxford: Willey-Blackwell.

Wardhani, P, Mulyani, M & Rokhman. (2018). “Wujud Pilihan Bahasa dalam Ranah Keluarga Pada Masyarakat Perumahan di Kota Purbalingga”. Jurnal Kredo. Vol. 1. No 2.

Wijana, I Dewa Putu & Muhammad Rohmadi. (2006). Sosiolinguistik Kajian Teori dan Analisis. Cetakan I. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Published
2024-06-23