PENDIDIKAN KARAKTER DAN NASIONALIS PADA NOVEL LAUT BERCERITA KARYA LEILA S. CHUDORI: SOSIOLOGI SASTRA

  • Nur Syamimie Universitas Dr. Soetomo
  • Hetty Purnamasari Universitas Dr. Soetomo
  • Imron Amrullah Universitas Dr. Soetomo
Keywords: Pendidikan Karakter, Nasionalis, Sosiologi Sastra, Novel, Laut Bercerita

Abstract

Novel adalah cerminan realita kehidupan masyarakat yang bisa dijadikan pelajaran dalam kehidupan sehari-sehari. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter dan ansionalis yang terdapat dalam Novel Laut Bercerita karya Leila S. Chudori. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan sosiologi sastra. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik baca dan teknik catat. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini mengandung: tiga nilai pendidikan karakter yaitu cinta damai, senang membaca dan rasa ingin tahu. Sedangkan prinsip nasionalis meliputi kesatuan bertanah air, bangsa, pemikiran, berbahasa, tatanan negara, sistem pemerintahan, sistem perdagangan, sistem kejahteraan dan rencana budaya, keleluasan beragama, berekspresi dan menyuarakan pendapat dan berorganisasi, dan prestasi: keinginan untuk membentu kesejahteraan, kebesaran, dan kejayaan bangsa.

References

Chudori, S. L. (2017). Laut bercerita. Kepustakaan Populer Gramedia.

Fajar, Y. (2018). Identitas dan perlawanan seorang buronan dalam konflik Aceh: Menjelajahi Tanah Surga Merah karya

Arafat Nur. KLAUSA (Kajian Linguistik, Pembelajaran Bahasa, dan Sastra), 2(01), 29-40.

Ginting, D., & Levana, E. R. (2021). Cultural views of a society through Taylor Swift’s song. Interaction: Jurnal Pendidikan Bahasa, 8(1), 34-49.

Halomoan, M., & Nasution, L.M. (2012). Mengembangkan dan mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan karakter ke dalam dokumen 1 dan 2 KTSP. La-Tansa Press.

Hans, K. (1984). Nasionalisme arti dan sejarahnya. Erlangga.

Hartomo, S.S. (1997). Mutiara yang terlupakan: pengantar studi sastra lisan. Hiski Jawa Timur.

Hutomo, S.S. (1997). Sosiologi sastra Jawa. Balai Pustaka.

Kartodirdjo, S. (1993). Pembangunan bangsa. Aditya Media.

Komara, E. (2018). Penguatan pendidikan karakter dan pembelajaran abad 21. Sipatahoenan, 4(1).

Suwardani, N. P. (2020). “QUO VADIS” PENDIDIKAN KARAKTER: dalam Merajut Harapan Bangsa yang Bermartabat.

Yaumi, M. (2016). Pendidikan karakter: landasan, pilar & implementasi. Prenada Media.

Mansur, R. H. (2014). Implementasi pendidikan karakter di satuan pendidikan. Jurnal LPMP SulSel, 1(1): 1–13.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2007). Analisis data kualitatif. Universitas Indonesia Press.

Moleong, L. (2005). Metodologi penelitian kualitatif. PT Remaja Rosdakarya

Nirwana, A. & Ginting, D. (2017). Nilai Kemanusiaan dalam Bingkai Pluralisme dan Multikulturalisme dalam Komik “Sandhora” (1970) Karya Teguh Santosa, ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 3(1), 92-114

Ratna, N. K. (2003). Paradigma sosiologi sastra. Pustaka Pelajar

Setiawan, M.D. (2021). Perbandingan unsur pembangun cerita novel dan film sang pemimpi: Kajian sastra bandingan, KLAUSA (Kajian Linguistik, Pembelajaran Bahasa, dan Sastra), 5(1), 19-28

Sulastri, S., & Alimin, A.A. (2017). Nilai pendidikan karakter kerja keras dalam novel-novel karya Donny Dhirgantoro. Jurnal Pendidikan Bahasa, 6(2): 156-168.

Tayongka, N.A. (2018), “Find Your Happy Place”: A study on characterization and the meaning of happiness in Trolls (2016), Klausa, 2(2), 25-36
Published
2023-02-28