PENGARUH PENGGUNAAN BAHASA MANDARIN DI KELUARGA TERHADAP PENGUASAAN DAN PERKEMBANGAN BAHASA MANDARIN MAHASISWA JURUSAN SASTRA CHINA MARANATHA

  • Jessica Holic Universitas Kristen Maranatha
  • Pauw Budianto Universitas Kristen Maranatha
Keywords: penguasaan bahasa Mandarin, perkembangan bahasa Mandarin, pengaruh keluarga.

Abstract

Penelitian ini membahas tentang seberapa besar pengaruh keluarga terhadap penguasaan bahasa Mandarin Mahasiswa di Sastra China Maranatha. Salah satu alasan peneliti mendalami topik ini adalah meningkatnya kepentingan berbahasa Mandarin di dunia bisnis dan banyak orang yang takut masuk ke jurusan Sastra China karena tidak memiliki dasar bahasa Mandarin di Keluarga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan teknik analisis secara deskriptif. Peneliti melakukan wawancara terhadap mahasiswa mahasiswa yang menguasai bahasa Mandarin untuk mendalami apa saja yang menjadi faktor penguasaan bahasa mereka. Hasil data yang didapat dari wawancara lalu dikaji menggunakan teori-teori akuisisi bahasa yang relevan. Contohnya adalah artikel ilmiah yang ditulis oleh ahli bahasa yang bernama Chomsky yang mengatakan bahwa pembelajaran bahasa terjadi secara natural dan lebih mudah jika dilakukan sejak kecil. Ada juga Teori dari ahli bahasa lain yang bernama Sri Hastuti yang membagi faktor pembelajaran bahasa menjadi 4 point. Pada akhirnya peneliti menemukan bahwa keluarga memang memiliki dampak yang besar dalam penguasaan bahasa Mandarin mahasiswa di Sastra China Maranatha, namun hal itu bukanlah satu-satunya faktor yang mempengaruhi proses akuisisi bahasa seorang anak. Banyak faktor lain yang saling mendukung dan mempengaruhi proses tersebut.

References

Abdurrahim, A. A. (2021). Teori Pendidikan Tauhid pada anak usia dini dalam lingkungan keluarga.

Al Ghazali, 4(1), Art. 1. https://doi.org/10.52484/al_ghazali.v4i1.231

Cahyanti, T. W., & Ananda, M. D. (1907). Perspektif umum tentang usia dan akuisisi dalam bahasa kedua pebelajar muda. 16, 11.

Khotimah, K. (2021). Pengaruh bahasa baku terhadap pemerolehan bahasa anak usia 7-8 tahun.. Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 5(2), 206–218.

Laksmi, R. S. (2018). Pengaruh lingkungan keluarga terhadap penguasaan kosakata anak usia 5-7 tahun di TK Al-Ishlah Semarang [Other, Universitas Diponegoro]. http://eprints.undip.ac.id/63767/

Mularsih, H. (2006). Pembelajaran bahasa kedua. Pembelajaran bahasa kedua, 1–11.

Nasution, S., & Asrindah, A. (2021). Analisis pemerolehan bahasa (Language Acquisition) Pada anak usia dini rentang usia 4-5 tahun di PAUD Insani Kota Medan. BAHAS, 32(4), Art. 4. https://doi.org/10.24114/bhs.v32i4.30538

Nurjaman, I., & Rachmi, T. (2020). Persepsi orang tua terhadap pemerolehan bahasa Inggris anak usia dini. Early childhood : Jurnal Pendidikan, 3(2), 82–90. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v3i2.528

Oktavia, W., & Nurcholifah, A. (2019). Keterlambatan berbicara pada anak usia 4 tahun. KLAUSA (Kajian Linguistik, Pembelajaran Bahasa, Dan Sastra), 3(2), Art. 2. https://doi.org/10.33479/klausa.v3i02.203

Putri, S. W. (2020). Pengaruh peran orang tua dalam pemerolehan bahasa pada anak usia 4—5 tahun. Kadera Bahasa, 12(2), 123–133. https://doi.org/10.47541/kaba.v12i2.140

Rustina, R. (2014). Keluarga dalam kajian Sosiologi. Jurnal Musawa IAIN Palu, 6(2), 287322.

Suardi, I. P., Ramadhan, S., & Asri, Y. (2019). Pemerolehan bahasa pertama pada anak usia dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 265. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.160

Sumaryanti, L. (2017). Peran lingkungan terhadap perkembangan bahasa anak. Muaddib: Studi Kependidikan Dan Keislaman, 7(01), Art. 01. https://doi.org/10.24269/muaddib.v7i01.552

Syafroni, R. N. (2016). Panjang rata-rata tuturan anak usia 2 tahun 7 bulan dalam bingkai teori pemerolehan bahasa anak. JUDIKA (Jurnal Pendidikan UNSIKA), 4(1), Art. 1. https://journal.unsika.ac.id/index.php/judika/article/view/237
Published
2022-11-29