INTERFERENSI BAHASA MANDARIN DALAM BAHASA INDONESIA LISAN PEMELAJAR TIONGKOK

  • Vincentius Valiandy Jiuangga Universitas Ma Chung
Keywords: Bahasa Indonesia, Interferensi, Pemelajar Tiongkok

Abstract

Penelitian ini merupakan kualitatif dengan kajian studi kasus. Di dalam penelitian ini masalah yang ditemukan adalah interferensi yang terjadi saat pemelajar Tiongkok belajar bahasa Indonesia. Selain penulis sebagai instrumen kunci, instrumen tambahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar kerja, table kodifikasi data, tabel analisis data, dan tabel penyimpul data. Hasil penelitian menunjukkan adanya interferensi penambahan bunyi, pengurangan bunyi, dan perubahan bunyi. Penambahan bunyi dapat ditemukan bahwa ada interferensi pada bunyi tengah, yakni bunyi /y/ dan /g/ dan pada bunyi akhir, yakni bunyi /i/ dan /a/ yang ditemukan pada akhiran bunyi konsonan. Kedua, terkait pengurangan bunyi dapat ditemukan bahwa bunyi bunyi /ń/ menjadi /n/, hal ini menunjukkan bahwa ada pengurangan bunyi konsonan /y/. Terakhir, terkait perubahan bunyi. Pada bunyi vokal, interferensi perubahan bunyi yang ditemukan adalah perubahan bunyi /a/ dan /u/ menjadi bunyi /e/ dan perubahan bunyi vokal /un/ à /uen/. Pada bunyi konsonan, interferensi yang ditemukan adalah perubahan pada bunyi hambat bilabial (/p/ à /b/, /b/ à /p/), bunyi labiodental (/f/ à /h/), bunyi hambat alveolar (/t/ à /d/, /d/ à /t/), bunyi nasal (/n/ à /l/, /l/ à/n/), getar (/r/ à /l/), bunyi hambat velar (/g/ à /k/, /k/à/g), bunyi hambat palatal (/j/ à /c/), dan bunyi afrikatif palatal (/c/à/j/).

References

Afrina, U. (2020). Analisis kesalahan pelafalan bunyi konsosnan (z, c, s, h, ch, sh, r) pada mahasiswa program studi D4 bahasa dan budaya Tiongkok Angkatan 2017 Universitas Padjadjaran. April 2020. Metahumaniora, 10(1) Pp 78-79

Adityarini, I.A.P, I Wayan Pastika, dan I Nyoman Sedeng. (2019). Interferensi fonologi pada pemelajar BIPA asal Eropa di Bali. Juni 2020. Aksara, 32, 1. https://simdos.unud.ac.id/uploads/file_penelitian_1_dir/cca83992ce0fb5ffd7747e8c68e5f3ef.pdf.

Chaer, A. & Agustina, L. (2004). Sosiolinguistik: Perkenelana Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Mustikawati, D. A. (2013). Interferesi bahasa Indonesia ke dalam pemakaian bahasa Inggris wacana tulis siswa di SMPB 1 Jetis Ponorogo. Jurnal Dimensi pendidikan dan Pembelajaran, 2 (1), 105—115.

Nurcahya, C. (2017). Interferensi bunyi bahasa Indonesia sebagai bahasa pertama dalam penggunaan bahasa Inggris lisan (Analisis Bunyi Bahasa Berbasis Aplikasi Praat). Universitas Pendidikan Indonesia. http://repository.upi.edu/28969/.

Sudaryanto. (2014). Studi tentang perkembangan bahasa Indonesia di Tiongkok dan dampak kesarjanaan Tiongkok bagi pengajaran bahasa Indonesia. Kajian Linguistik dan Sastra, 26(1), 61-70

Supriadi, N. (2014). Analisis kesalahan fonologis pada bahasa Mandarin oleh mahasiswa D3 bahasa Mandarin Universitas Jendral Soedirman Purwokerto. Thesis. Semarang : Universitas Diponegoro.

Swan, M. (2014). The Influence of the mother tongue on second language vocabulary acquisition.

Ting, Y. (2011). Bunyi konsonan bahasa Indonesia dan bahasa Mandarin: Analisis kontrastif. Lite, 7(2), 126-136

Wiratsih, Woro. (2019). Analisis kesulitan pelafalan konsonan bahasa Indonesia (Studi kasus terhadap pemelajar BIPA asal Tiongkok di Universitas Atma Jaya Yogyakarta). Jurnal Kredo, 2(2) 242 -255
Published
2022-10-05