POLA ARGUMEN MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN
Abstract
Bernalar direpresentasikan melalui argumen. Argumen ini dapat diwujudkan melalui argumen tulis ataupun argumen lisan. Kedua argumen ini memiliki unsur-unsur pembangun yang dapat menunjukkan pola penutur bahasa dalam berargumen. Unsur-unsur itu adalah pendirian (PD), data (DT), dasar kebenaran (DK), dukungan (DU), modalitas (MD), dan sanggahan (SG). Unsur-unsur argumen inilah yang membedakan sebuah argumen menjadi argumen sederhana dan argumen kompleks. Di dalam penelitian ini, teks karya mahasiswa dianalisis dengan menggunakan teori argumen perspektif Stephen Toulmin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tidak ada perbedaan pola argumen antara mahasiswa laki-laki dengan mahasiswa perempuan dan (2) pola argumen yang ditemukan dapat diklasifikasikan menjadi dua, yakni pola argumen sederhana dan pola argumen kompleks.
References
Dawud. (2017). Kecerdasan dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Makalah dipresentasikan pada seminar Nasional Nitisastra II, Mei 2017, Malang.
Godden, D.M. & Douglas W. (2012, July). Advances in the theory of argumentation schemes and critical questions. International Journal of Cognitive Informatics and Natural Intelligence. https://www.researchgate.net/publication/262394690.
Langacker, R.W. (1973). Language and its structure: Some fundamental linguistic concepts. Harcourt Brace Jovanovich Publishers.
Rani, A., Martutik, & Arifin, B. (2013). Analisis wacana: Tinjauan deskriptif. Surya Pena Gemilang.
Setyaningsih, Y. (2016). Pola argumen paragraf argumentatif pada artikel jurnal terakreditasi bidang ekonomi (Persepektif Stephen Toulmin). Jurnal Adabiyyat, 15(2), 136—156.
Simon S., Erduran S. & Osborne J. (2006). Learning to teach argumentation: Research and development in the science classroom, International Journal of Science Education, 28(1), 235—260.
Thomas, L. & Wareing, S. (2007). Bahasa, masyarakat, dan kekuasaan. Pustaka Pelajar.
Toulmin, S., Rieke R., & Janik A. (1984). An introduction to reasoning. Collier Macmillan Publisher.
Toulmin, S. (2003). The uses of argument. Cambridge University Press.
Walton, D. (2014, Juni). Finding the logic in argumentation. Research Gate. https://www.researchgate.net/publication/256042018.
Warrick,B. & Inch, E.S. (1994). Critical thinking and communication. Macmillan Publishing Company.
Open Access Policy
This is an open access journal which means that all content is freely available without charge to the users or their institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of the articles, or use them for any other lawful purpose, without asking prior permission from the publisher or the author. This is in accordance with the BOAI definition of open access.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.