Sekelumit tentang Risalah “Poetics”, karya Aristotle (384-322 SM)

  • Aditya Nirwana Universitas Ma Chung

Abstract

Poetics atau Puitika, merupaka karya Aristoteles yang menyajikan pokok-pokok pemikirannya tentang estetika, khususnya drama. Beberapa hal didalamnya meliputi bentuk plot dan perwatakan dalam drama, perumitan, perbedaan diantara beragam jenis puisi atau tragedi. Artikel ini bertujuan untuk merangkum dan memberikan sedikit ulasan terhadap pokok-pokok pemikiran Aristoteles di dalam Poetics, khususnya yang terkait dengan unsur-unsur Tragedi, yakni : 1) Alur/Plot; 2) Watak/Karakter dan Perwatakan; 3). Pemikiran (Tought); 4) Diksi; 5) Nyanyian dan Spectacle (Tontonan); dan 6) Tentang Nasib, Adegan Tragis, dan Kengerian. Dari pembacaan yang telah dilakukan, ditemukan bahwa Aristoteles mendefinisikan tragedi sebagai Mimesis Praxeos, "imitation of action". "Praxis" atau "Tindakan" dalam konteks ini sering dimaknai merujuk pada tindakan yang disengaja dalam keadaan rasional dan sadar. Hal ini memiliki konsep mimesis yang berbeda dangan mimesis dalam korpus Platon. Di samping itu, di dalam Poetics, nampak pemikiran Aristotle yang cenderung Formalistik, meskipun pada akhirnya bercorak fungsional, artinya apa yang sudah disampaikan Aristotle dalam Poetics mengenai Tragedi atau seni drama yang baik, bermuara pada sajian tontonan yang bermutu dan mendidik. Hal ini juga dapat dikatakan bahwa sajian drama yang baik menjadikan masyarakat memperoleh pengertian tentang keutamaan moral. Alih-alih formalistik, pemikiran Aristotle berujung pada fungsionalisme.

References

Adams, Laurie Scheneider. 2017. A History of Western Art. New York : McGraw-Hill.
Aristotle. 1961. Poetics. Trans. S.H. Butcher & Francis Fergusson. New York : Hill and Wang.
________. 2017. Puitika. Trans. Richard Janko, Terjemahan oleh Cep Subhan. Yogyakarta : Penerbit Basabasi.
Belfiore, Elizabeth. 1984. Aristotle's Concept of Praxis in the Poetics, dalam The Classical Journal.Vol. 79, No. 2 (Dec., 1983 - Jan., 1984), hlm. 110-124.
Bertens, K. 2017. Sejarah Filsafat Yunani, Edisi Revisi. Yogyakarta : Penerbit Kanisius.
Gie, The Liang. 1983. Filsafat Seni : Sebuah Pengantar. Yogyakarta : Pusat Belajar Ilmu Berguna (PUBIB).
Kartika, Sony Dharsono, dan Nanang Ganda Perwira. 2004. Pengantar Estetika. Bandung : Rekayasa Sains, Bandung.
Marshall, John. S. 1953. Art and Aesthetic in Aristotle, dalam The Journal of Aesthetics and Art Criticism, Vol. 12, No. 2, December 1953, hlm. 228-231.
Suryajaya, Martin. 2016. Sejarah Estetika. Jakarta : Penerbit Gang Kabel.
Published
2019-03-19