Perancangan Logo dan Desain Kemasan Produk Minuman Olahan Susu Merek Ibu Yudhi untuk Usia 6-12 Tahun dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk di Sidoarjo
Abstract
MSMEs in Indonesia cannot be underestimated. MSMEs can become the largest economy in Indonesia. For this reason, a high level of awareness is needed to have a brand or corporate identity to further develop it. Therefore it is necessary to make a logo and packaging design on the product as the company's identity. The aim is to differentiate between one product and another and to make companies from one product better known by the public. This study uses a qualitative method by collecting data through observation, interviews with company owners, and literature. Supporting media in this design are key chains, shopping bags, drawstring bags, small notes, stickers, drinking bottles, hats, displays, and pencil cases.
References
Administrator. 2020. ‘Dorong Peningkatan Perekonomian UMKM Sidoarjo, KADIN Paradigma Baru Gelar Pameran UMKM’, diakses pada 7 Mei 2020,
Cholifah, Siti dan Purwanti, Yanik. 2018. “Pengembangan Usaha Mikro Dan Menengah Pada Kelompok Usaha Kripik Pare Sidoarjo Jawa Timur ”. Jurnal Adimas. Volume 06 Nomor 01.
Dewi, Faye Maya, S.E.,M.M. 2018. “ Pengaruh Kemasan dan Brand Image Terhadap Daya Tarik Produk Air Mineral di Kec. Cikupa, Kab Tangerang ”.Jurnal Penelitian, Pengembangan Ilmi Manajemen dan Akuntansi. Volume 17.
Dr. Redi Panuju, M. Si. 2019, Komunikasi Pemasaran Sebagai Gelaja Komunikasi Komunikasi Sebagai Strategi Pemasaran. Prenadamedia Group, Jakarta, Indonesia
Firmansyah, M. Anang. 2019, Pemasaran Produk dan Merek (Planning and Strategy ). Qiara Media, Surabaya Indonesia.
Hazmi, Adli. 2019. ‘Nostalgia “Susu Segar Nasional”’, diakses pada 24 Maret 2023,
Irham, Muhammad. 2020, ‘Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) justru menjadi sektor paling rentan kena hantaman pandemi virus corona. Sektor ini disebut ekonom tak bisa lagi menjadi penyangga perekonomian seperti saat krisis ekonomi dan keuangan 1998 dan 2008’ , Berita BBC, diakses pada 7 Mei 2020, https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-51946817>.
Julianti, Sri. 2017, A Practical Guide to Flexible Packaging, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, Indonesia.
Kristanto, Titus dkk. 2018. “ Peningkatan Kualitas Produksi UMKM Percetakan di Karangpilang Surabaya dan Krian Sidoarjo ”. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Volume 2 Nomor 1
Migotuwio, Namuri. 2020, Desain Grafis: Kemarin, Kini dan Nanti. Alinea Media Dipantara, Yogyakarta.
Nugroho, Agung. 2020 ‘UMKM Sidoarjo harus mandiri dalam memasarkan produk’, Berita Jawa Pos Sidoarjo, diakses pada 7 Mei 2020, < https://radarsurabaya.jawapos.com/read/2020/02/05/178036/umkm-sidoarjo-harus-mandiri-dalam-memasarkan-produk>.
Pulungan, Maimunah Hindun, Dewi, Ika Atsari, Rahmah, Nur Lailatul. 2018, Teknologi Pengemasan dan Penyimpanan, UB Press, Malang, Indonesia.
Putri, Vanya Karunia Mulia. 2021, ‘Observasi: Pengertian Para Ahli, Tujuan, Ciri-ciri dan Jenisnya’. Berita Kompas, diakses pada 27 Maret 2022, < https://www.kompas.com/skola/read/2021/08/03/164904169/observasi-pengertian-para-ahli-tujuan-ciri-ciri-dan-jenisnya?page=all>
Raharjo, Sudjadi Tjipto. 2019. Desain Grafis Kemasan UMKM. Deepublish Publisher, Yogyakarta.
Salmaa. 2021, ‘ Metode Penelitian Kualitatif: Pengertian Menurut Ahli, Jenis-Jenis, dan Karakteristiknya’. Deepublish, diakses pada 27 Maret 2022, < https://penerbitdeepublish.com/metode-penelitian-kualitatif/>
Umdiana, Nana dkk. 2018. “ Pengembangan UKM Melalui Desain Produk dan Kemampuan Bersaing ”. Jurnal Sembadha. Volume 01 Edisi 01.
Winarno, F.G dan Octaria, Andieta. 2020. Bahan dan Kemasan Alami Perkembangan Kemasan Edible. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Yahmini, Exnasiyah. 2019. “ Kecenderungan Impluse Buying Pada Mahasiswa Ditinjau dari Latar Belakang Keluarga”. Exero Jurnal Research in Business and Economics. Vol 02, No, 01.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.