Kajian Konsep Tanda Hipersemiotika pada Iklan Kecap Bango Seri Eat Locally
Abstract
Iklan memegang peranan penting laku tidaknya sebuah produk. Berbagai cara digunakan oleh perusahaan untuk menarik minat para pelanggan. Berbagai jenis media digunakan sebagai cara untuk mencapai hasil yang memuaskan seperti iklan cetak, baliho sampai menggunakan mobile advertising.
Iklan yang dikaji berupa mobile advertising dari Kecap Bango seri Eat Locally diteliti menggunakan teori konsep tanda hipersemiotika. Analisis data diuraikan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian meliputi pengumpulan berbagai data dari subjek penelitian dan sumber yang relevan. Kemudian data dianalisis untuk mendapatkan pemahaman tentang objek kajian yang dihadapi. Beberapa kegiatan dalam penelitian ini adalah mengumpulkan data dengan cara observasi. Kemudian memilah dan menganalisa data. Kemudian diakhiri dengan membuat kesimpulan dari penelitian ini.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan memaparkan konsep tanda Hipersemiotika yang tersaji pada Iklan Kecap Bango Eat Locally. Selain itu, diharapkan memperkaya pengetahuan dan pengembangan dalam dunia periklanan.
References
Hakim, B.2008, Ngobrolin Iklan, Yuk!. Galang Press,Yogyakarta. Indonesia.
Kriyantoro, R. 2013.Manajemen Periklanan:Teori dan Praktek,UB Press, Malang.Indonesia.
Piliang, Y.A. 2010.Semiotika dan Hipersemiotika:Gaya, Kode, dan Matinya Makna, Matahari, Bandung. Indonesia.
Rakhmat, J.1995.Metode Penelitian Komunikasi. Remaja Rosdakarya, Bandung.Indonesia
Rohidi, T.R.2011.Metodologi Penelitian Seni, Cipta Prima Nusantara, Semarang. Indonesia.
Sanyoto, S.E. 2006. Metode Perancangan Komunikasi Visual Periklanan. Dimensi Press, Yogyakarta. Indonesia
Mulyawan, I.W.2008.Makna Dan Pesan Iklan Media Cetak Kajian Hipersemiotika, Linguistika. No. 28.Vol.15.
www.adsoftheworld.com, diakses pada 2 Januari 2019
www.pinterest.com, diakses pada 2 Januari 2019