Perancangan UI/UX Aplikasi Public Transportation Tracker "Numpak" Sebagai Upaya Mendukung Penggunaan Transportasi Umum di Kota Malang

  • Annisa Ayu Amalia State University of Malang
  • Pujiyanto Pujiyanto Universitas Negeri Malang

Abstract

Kurangnya fasilitas untuk mengakses informasi menyebabkan transportasi umum di Kota Malang dinilai kurang efektif dalam memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat. Hal itu mengakibatkan minat masyarakat terhadap transportasi umum di Kota Malang menurun dan lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi. Sebagai upaya mendukung penggunaan transportasi umum di Kota Malang diperlukan solusi digital yang memudahkan dalam mengakses informasi transportasi umum tersebut. Perancangan ini bertujuan untuk merancang aplikasi “Numpak” sebagai alat bantu navigasi angkot dengan fitur live tracking dan informasi rute. Proses perancangan ini menggunakan metode design thinking yang meliputi empathize, define, ideate, prototype, dan test. Perancangan ini menghasilkan prototype aplikasi sebagai media utama serta beberapa media pendukung sebagai sarana promosi. Dari segi visual, hasil perancangan ini menggunakan karakter desain modern minimalis dengan tipografi sans serif dan palet warna monokrom biru dan putih, guna menciptakan tampilan yang mudah dipahami. Aplikasi ini diharapkan dapat menjadi solusi digital yang mendukung efektivitas transportasi umum di Kota Malang.

References

Alfarid, M. I. Z., Halim, B., & Iswandi, H. (2022). PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL EKSPLORASI SISTEM TATA SURYA BERBASIS NEW MEDIA UNTUK ANAK REMAJA USIA 12-18 TAHUN DI PALEMBANG. Besaung : Jurnal Seni Desain Dan Budaya, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.36982/jsdb.v7i2.2485
Arfatin, N., Rismaningsih, F., Hernaeny, U., Pratiwi, L., Rukyat, A., Yati, F., Lusiani, Riaddin, D., & Setiawan, D. J. (2021). Pengantar Statistika 1. Media Sains Indonesia.
Ariesandi, J. A., Resita, R., & Salsbabila, Z. (2020). KEBIJAKAN TRANSPORTASI UMUM (ANGKOT) UNTUK MENANGGULANGI KEMACETAN JALAN. Jurnal Kebijakan Publik, 11(2), 77. https://doi.org/10.31258/jkp.11.2.p.77-82
Jamilah, Y. S., & Padmasari, A. C. (2022). PERANCANGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE APLIKASI SAY.CO. 9. https://doi.org/10.26858/tanra.v9i1.29458
Margaretta, Y., Despayani, T. A., Amri, Y., Watunglawar, D. N., & Taryana, A. (2024). IMPLEMENTASI DESIGN THINKING PADA PROTOTYPE KONTEN MEDIA SOSIAL PRODUK AC RAMAH LINGKUNGAN. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(2), 1904–1923. https://doi.org/10.31955/mea.v8i2.4260
Muhyidin, M. A., Sulhan, M. A., & Sevtiana, A. (2020). PERANCANGAN UI/UX APLIKASI MY CIC LAYANAN INFORMASI AKADEMIK MAHASISWA MENGGUNAKAN APLIKASI FIGMA. Jurnal Digit : Digital of Information Technology, 10(2), Article 2. https://doi.org/10.51920/jd.v10i2.171
Nurfajriani, W. V., Ilhami, M. W., Mahendra, A., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2024). Triangulasi Data Dalam Analisis Data Kualitatif. https://doi.org/10.5281/ZENODO.13929272
Razi, A. A., Mutiaz, I. R., & Setiawan, P. (2018). PENERAPAN METODE DESIGN THINKING PADA MODEL PERANCANGAN UI/UX APLIKASI PENANGANAN LAPORAN KEHILANGAN DAN TEMUAN BARANG TERCECER. Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Periklanan (Demandia), 3(02), 219. https://doi.org/10.25124/demandia.v3i02.1549
Rozana, L., & Musfikar, R. (2020). ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGARSIPAN SURAT BERBASIS WEB PADA KANTOR LURAH DESA DAYAH TUHA. Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.22373/cj.v4i1.6933
Published
2025-12-03