ANALISIS MAKNA IDIOMATIK CHÉNGYǓ (成语) YANG MENGANDUNG UNSUR ANGKA

  • Angela Tanjung Saragupita Universitas Negeri Yogyakarta
  • Minhui Zhang Universitas Negeri Yogyakarta
Keywords: Idiom, Mandarin, Chéngyǔ

Abstract

Idiom atau chengyu (成语) dalam bahasa Mandarin merupakan sebuah unkapan yang tidak bisa diartikan secara harfiah baik lisan dan tulis dan terdiri dari empat karakter Hàn (漢字). Chéngyǔ memiliki beberapa varian dari unsur pembentuknya berupa unsur hewan, unsur alam, unsur tumbuhan, dll. Pada penelitian ini memiliki tujuan untuk menjelaskan makna idiomatik dari chéngyǔ yang memiliki unsur angka sebagai pembentuknya dan mengkaji fungsi chéngyǔ dalam kehidupan masyarakat Tiongkok. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik analisis PUP (Pilah Unsur Penentu) dan sumber datanya berasal dari beberapa artikel online maupun cetak yang memuat chéngyǔ. Hasil penelitian ini mendapat 10 chéngyǔ dengan 5 jenis idiom penuh (pure idioms) dan 5 jenis idiom sebagian (partial idioms). Kemudian terdapat empat chéngyǔ yang berfungsi sebagai nasehat, tiga chéngyǔ berfungsi sebagai pujian, dan tiga chéngyǔ berfungsi sebagai sindiran.

References

Ainun, N., & Mulyadi. (2020). Analisis semantik idiom Jepang yang mengandung unsur leksem hari (Kokoro). Madah: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 11(1), 81–96.
Chandra, Y. N. (2019). Telaah semantik Chengyu (成语) dalam buku “Pepatah Tionghoa kebijaksanaan Chengyu” (Zhongguo Chengyu中国成语). Prosiding Seminar “Meningkatkan Mutu Dan Profesionalisme Dosen Melalui Penelitian,” 7(1).
Dunn, A. (2020). For some Chinese, living by the numbers is safest. Https://Www.Latimes.Com/.
Margatan, V. S., & Mintowati. (2023). Pola, Makna, dan Fungsi chéngyǔ yang Mengandung Unsur Hewan: Kajian SemantikPola, Makna, dan Fungsi chéngyǔ yang Mengandung Unsur Hewan: Kajian Semantik. Jurnal Pendidikan Bahasa Mandarin UNESA, 4(2).
Saptarina, M., & Wibisono, G. (2020). Analisis 成语 Chéngyǔ dalam drama Word Of Honor 《山河令》 Shān Hé Lìng Episode 1-5. Jurnal Pendidikan Bahasa Mandarin UNESA, 3(2).
Veronica, D., & Chandra, Y. N. (2019). The idiomatic meaning of 成语Chengyu which has natural elements. Bambuti, 1(2), 1–22.
Published
2023-12-10