ANALISIS PENGGUNAAN KATA BANTU BILANGAN DALAM KALIMAT BAHASA MANDARIN PADA RUBRIK TAMBAHAN 副刊 ( fù kān ) KORAN HARIAN NUSANTARA千岛日报(qiāndǎo rìbào) EDISI BULAN JUNI 2021

  • Chellyn Diana Olivia Universitas Ma Chung
  • Yohanna Nirmalasari Universitas Ma Chung
Keywords: liangci, kata bantu bilangan untuk ukuran, kata bantu bilangan untuk waktu, kata bantu bilangan, 量词liàngcí

Abstract

Saat ini bahasa Mandarin merupakan bahasa yang penting untuk dipelajari. Selain bersifat universal, bahasa juga bersifat unik. Salah satu keunikan dalam bahasa Mandarin adalah memiliki kata bantu bilangan bahasa Mandarin yang beranekaragam. Kata bantu bilangan (量词 liàngcí) adalah kelas kata yang menunjukkan satuan hitung benda. Berbeda dengan penggunaan kata bantu bilangan bahasa Indonesia, kata bantu bilangan bahasa Mandarin wajib ada di dalam setiap pengucapannya. Selain itu, kata benda yang berbeda memiliki penyesuaian kata bantu bilangan yang berbeda, bahkan ada pula kata benda yang sama namun menggunakan kata bantu bilangan yang berbeda. Hal ini lah yang menjadi salah satu kesulitan bagi pemelajar terhadap pembelajaran bahasa Mandarin.  Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan sumber data yang berasal dari rubrik tambahan koran harian Nusantara edisi bulan Juni 2021 Penelitian ini menemukan 501 (lima ratus satu) data yang terbagi dalam 5 jenis kata bantu bilangan yang berbeda: kata bantu bilangan untuk ukuran(度量衡单位 dù liàng héng dān wèi, kata bantu bilangan untuk waktu (时间单位 shí jiān dān wèi, kata bantu bilangan unit kolektif (集体单位 jí tǐ dān wèi, kata bantu bilangan tidak teratur (不定量单位 dìng liàng dān wèi)dan kata bantu bilangan unit individu(个体单位 gè tǐ dān wèi.

References

Cerianti, C. (2011). Analisis konstratif kata bantu bilangan dalam bahasa Mandarin dan Bahasa Indonesia. Skripsi Sarjana. https://doi.org/10.26858/wenchuang.v1i1.23036

Ginting, D. (2012). Linguistic creativity and its implications on ELT. Jurnal Bahasa Lingua Scientia, 4(1), 16-20.

Jin, d. L. (2008). A practical Chinese grammar for foreigners revised edition. Language and Culture University Press.

Liu, y. H. (2004). 使用现代汉语语法. Beijing Language and Culture University Press.

Nirmalasari, Y. (2018). Pola kalimat bahasa Indonesia tulis pembelajar BIPA tingkat pemula
asal Tiongkok di Universitas Ma Chung Tahun 2018. KLAUSA (Kajian Linguistik Pembelajaran Bahasa, dan Sastra), 2(01), 41-50.

Sihombing, F., C. 2017. Analisis Kata Bantu Bilangan dalam Kalimat Bahasa Mandarin pada Koran Hao Bao Daily. Medan: Skripsi Sarjana. http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/4226.
Published
2022-12-01