PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENYIMAK BERBASIS KOPI BAGI PEMELAJAR BIPA TINGKAT PEMULA
Abstract
Bahan ajar merupakan salah satu keterampilan reseptif dalam berbahasa yang bisa mempengaruhi kualitas keterampilan yang lain. Bahan ajar menjadi komponen penting dalam jalannya sebuah pembelajaran, termasuk pembelajaran BIPA. Sebuah bahan ajar dalam pembelajaran BIPA dapat dikembangkan sesuai kondisi, karakter pemelajar, kurikulum, dan juga pendekatan yang digunakan oleh pengajar, misalnya saja di dalam pendekatan diskret. Di dalam pendekatan diskret, keterampilan berbahasa diajarkan secara terpisah sehingga bahan ajar yang digunakan juga bisa terpisah. Namun selama ini belum banyak bahan ajar yang dikembangkan khususnya terkait dengan keterampilan menyimak sehingga hal ini perlu dilakukan. Bahan ajar yang dikembangkan menggunakan metode pengembangan 4D. Hasil data dalam metode ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa bahan ajar BIPA menyimak dengan menggunakan KoPi atau Kode Pintar sudah baik dan dapat diterapkan dalam pembelajaran BIPA. Hal ini didukung dengan presentase penilaian yang diperoleh dari tim uji ahli sebesar 97,72% dan dari tim uji lapangan sebesar 97,8%.
References
Arifin, N. A. M. (2021). Desain bahan ajar keterampilan menyimak bahasa Indonesia bagi penutur asing (BIPA) “ Aku Suka iIndonesia ” Nadra Amalia dan Muhammad Arifin Program Studi Pendikan Bahasa Indonesia , Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , Universitas Muhammadiyah Sumater. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 17(2), 265–271.
Kharisma, N., & Septyanti, E. (2022). Pengembangan instrumen tes keterampilan menyimak untuk siswa developing listening skills test instruments for grade ix junior, Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 6(1), 132–139.
Khoerunnisa, S., Mulyati, Y., & ... (2019). Evaluasi pembelajaran: Perencaaan pengembangan alat evaluasi menyimak berancangan model higher order thinking skills, Internasional Riksa Bahasa, 107–114.
http://proceedings.upi.edu/index.php/riksabahasa/article/view/859
Khoerunnisa, S., Mulyati, Y., & Idris, N. S. (2019). Evaluasi pembelajaran: Perencaaan pengembangan alat evaluasi menyimak berancangan model higher order thinking skills berbasis budaya pada pemelajar BIPA. In Seminar Internasional Riksa Bahasa.
Lestari, N. M. C. P., Sutama, I. M., & Utama, I. D. G. B. (2019). Pengembangan media pembelajaran visual bagi pemelajar Bipa pemula di Undiksha. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 8(1), 86–95. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v8i1.20535
Ningrum, R. K., Waluyo, H. J., & Winarni, R. (2017). BIPA (Bahasa Indonesia Penutur Asing) sebagai upaya internasionalisasi universitas di indonesia. The 1st Education and Language International Conference Proceedings, 726–732. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ELIC/article/view/1294
Ningtyas, Y. D. R., Andajani, K., & Susanto, G. (2021). Bahan ajar menyimak untuk pelajar BIPA tingkat pemula tinggi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(5), 681–686. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/14755
Nuraeni, E. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Berbasis Budaya Indonesia Tingkat Menengah di Indonesian Studies Program (ISP) MCE. Nosi, 4(2), 90–101.
Reznani, N. S., Nurhayati, N., & Soetopo, S. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Menyimak Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 21(1), 79–94. https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v21i1.36661
Roi, Setiawan, Engkos, kosasih, Y. A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran … Pengembangan Media Pembelajaran …. AL-Ahya, 01(01), 219–232.
Sari, D. E., & Ansari, K. (2021). Pengembangan bahan ajar BIPA bermuatan budaya Sumatera utara berbantuan media audio visual bagi tingkat pemula. Jurnal Bahasa, 10(1), 138–147.
Suprihatin, A. (2015). Pengembangan bahan ajar membaca program bahasa Indonesia bagi penutur asing tingkat intermediate. Nosi, 3(3), 297–306. http://www.pbindoppsunisma.com/wp-content/uploads/2015/09/1.-Agnes-Suprihatin-297-306.pdf
Utami, D. A. (2020). Pengembangan bahan ajar berbasis modul Interaktif bagi pemelejar BIPA tingkat A1. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 3(2), 277–294. https://doi.org/10.24176/kredo.v3i2.4747
Open Access Policy
This is an open access journal which means that all content is freely available without charge to the users or their institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of the articles, or use them for any other lawful purpose, without asking prior permission from the publisher or the author. This is in accordance with the BOAI definition of open access.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.