PERGANTIAN TOKOH UTAMA DALAM PERANAN NARATIF PADA NOVEL TEMPAT PALING SUNYI KARYA ARAFAT NUR: KAJIAN NARATOLOGI A.J. GREIMAS
Abstract
Kajian ini menganalisis mengenai pergantian tokoh utama Mustofa ke tokoh “Aku” yang memiliki peran penting. Utamanya dalam upaya membangun unsur-unsur naratif pada novel Tempat Paling Sunyi karya Arafat Nur melalui perspektif naratologi AJ Greimas dengan memperhatikan skema aktan yang saling terjalin terhadap suatu teks naratif tersebut. Selain itu, pembahasan ini juga melihat posisi Mustofa sebagai tokoh utama dalam kaitannya dengan upayanya mencapai objek. Dalam analisis ini, dijelaskan mengenai berbagai bentuk penghalang ketercapaian objek tersebut, serta peran "Aku" sebagai pihak yang membantu Mustofa untuk mewujudkan objek. Hal ini menjadi bagian dari usaha untuk membangun kelanjutan unsur naratif dalam cerita, terutama dalam konteks hilangnya keberadaan tokoh utama dalam novel tersebut. Selain itu, ditemukan adanya relasi tokoh “Aku” terhadap Mustofa dalam proses identifikasi tokoh untuk meneruskan terhadap pencapaian objek.
References
Arafat Nur. (2019). Tempat Paling Sunyi. Gramedia Pustaka Utama (GPU).
Burhan Nurgiyantoro. (2013). Teori pengkajian fiksi (10th ed.). Gajah Mada University Press.
Hartanto, H., Suprayitno -Aspek Sosial dalam Novel Lampuki Karya Arafat Nur, E., & Suprayitno, E. (2021). Aspek Sosial Dalam Novel Lampuki Karya Arafat Nur. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 8(1), 22–28.
Karnanta, & Yudha, K. (2018). Perempuan yang mengundang maut : analisis struktur naratif A.J.Greimas pada film air terjun pengantin. Parafrase Jurnal Kebahsaan Dan Kesastraan, 15(01), 17–25.
Kasmi, H. (2019). NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL DALAM NOVEL TEMPAT PALING SUNYI KARYA ARAFAT NUR. Metamorfosa*, 7, 1–9.
Kristiana, E., Sutejo, & Setiawan, H. (2021). Mengulik Keindahan Citraan Dalam Kumpulan Puisi Manusia Istana Karya Radhar Panca Dahana. LEKSIS: Jurnal Pendidikana Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 1–8.
Lexy J. Moleong. (2004). Metodologi penelitian kualitatif.
Luc Herman and Bart Vervaeck. (2019). Handbook of Narrative Analysis. U of Nebraska Press,.
Nurhuda, T. A., J. Waluyo, H., & Suyitno, S. (2018). Kajian Sosiologi Sastra Dan Pendidikan Karakter Dalam Novel Simple Miracles Karya Ayu Utami Serta Relevansinya Pada Pembelajaran Sastra Di Sma. Jurnal Ilmiah Didaktika, 18(1), 103. https://doi.org/10.22373/jid.v18i1.3090
P, D. R. (2001). Rumoh Geudong: Tanda Luka Orang Aceh.
Panca Pertiwi Hidayati. (2009). Teori Apresiasi Prosa Fiksi. Sarwayasa print.
Pulungan, A. A., Taufik Dermawan, & Azizatuz Zahro’. (2023). yang Pergi dan yang Tinggal: Strategi Sipil Aceh Saat Konflik dalam Novel Arafat Nur. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 9(2), 931–942. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i2.2692
Salahuddin, N. (2018). Skema Aktan dan Model Fungsional Novel Maryamah Karpov: Kajian Naratologi A.J.Greimas. Universitas Negeri Makassar.
Seli, S., Priyadi, A. T., Saman, S., & Salem, L. (2020). Narrative Structure of the Ne’ Baruakng Kulup Story Oral Literature of Dayak Kanayatn: A Study of Actantial A.J. Greimas. JETL (Journal of Education, Teaching and Learning), 5(2), 332. https://doi.org/10.26737/jetl.v5i2.2250
Supriyanto, A., Astuti, C. W., & Munifah, S. (2023). Analisis Struktural Novel Tempat Paling Sunyi Karya Arafat Nur. Jurnal LEKSIS, 3(1), 1–10.
Widjanarko, K. I., Yuwana, S., & Rengganis, R. (2023). Representasi Struktur Naratologi Dalam Kumpulan Karya Dewi Lestari : Kajian Naratologi a.J Greimas. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(2), 542–552. https://doi.org/10.31943/bi.v8i2.451
Yuniasti, H. (2019). Analisis Struktur Naratif a.J. Greimas Dalam Novel Lelaki Harimau Karya Eka Kurniawan. KEMBARA Journal of Scientific Language Literature and Teaching, 5(2), 195. https://doi.org/10.22219/kembara.vol5.no2.195-207
Zakiyah dan Asmiyati, Model Aktansial Semiotika Naratif A.J Greimas dalam Novel Mekkah Memoar, M., Seorang, L., Karya, T. K. W., & Irawan, A. (2024). Jejak Pembelajaran : Jurnal Pengembangan Pendidikan Novel Mekkah Memoar Luka Seorang TKW Adalah salah satu karya Aguk. 8(6), 118–131.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access Policy
This is an open access journal which means that all content is freely available without charge to the users or their institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of the articles, or use them for any other lawful purpose, without asking prior permission from the publisher or the author. This is in accordance with the BOAI definition of open access.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.