SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI DESA DI KANTOR DESA SUMBERSEKAR

  • Meme Susilowati
  • Dicky Chandra
Keywords: Sistem Informasi, Operasional, Pelaporan, Perekapan

Abstract

 Kantor Desa Sumbersekar merupakan kantor desa yang terletak di daerah Dau, Malang. Kantor desa ini
bergerak pada bidang pelayanan masyarakat, seperti : Membuat Kartu Tanda Penduduk (KTP), membuat
Kartu Keluarga (KK), dan membuat surat keterangan sesuai dengan keinginan warga, namun seiring
berjalannya waktu Kantor Desa Sumbersekar mencetak surat dalam jumlah yang banyak, sehingga
menyulitkan proses perekapan surat serta No. Kop surat yang masih direkap secara manual. Sehingga
menyulitkan staf kantor desa untuk mencari No. Kop surat yang akan digunakan karena jumlah surat
yang juga terhitung sangat banyak dan harus mencarinya di buku rekapan. Proses pembuatan surat juga
masih menggunakan Microsoft Word, meskipun itu menggunakan teknologi komputer tetapi itu masih
sangat menyulitkan karena menyetikan isi surat tersebut secara manual dan juga tehitung sangat banyak.
Proses pelaporan operasional tahunan maupun bulanan juga masih dilakukan secara manual. Sehingga
staf desa juga harus merekap menghitung jumlah surat yang keluar, surat yang gagal diterbitkan. Oleh
karena itu, diperlukan sebuah sistem informasi administrasi desa yang dapat membantu pencatatan
nomor surat, membantu pembuatan surat, perekapan surat, pembuata KTP maupun KK, serta sebuah
fitur pelaporan yang lengkap sehingga memudahkan kinerja dari kantor desa tersebut sendiri.

&t=1532406639945?mid=&wid=52117&sid=&tid=7288&rid=BEFORE?mid=&wid=52117&sid=&tid=7288&rid=FINISH

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-03-15
How to Cite
Susilowati, M., & Chandra, D. (2018). SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI DESA DI KANTOR DESA SUMBERSEKAR. Kurawal - Jurnal Teknologi, Informasi Dan Industri, 1(1), 40-44. https://doi.org/https://doi.org/10.33479/kurawal.v1i1.95