印尼留学生汉语撮口呼韵母偏误分析

  • Dhatu Sitaresmi Universitas Ma Chung
Keywords: mahasiswa Indonesia, suku kata, bahasa Mandarin, kesalahan pelafalan, analisis kesalahan

Abstract

Artikel ini meneliti bagaimana mahasiswa Indonesia melafalkan lima suku kata bahasa Mandarin dengan isebagai akhir, yaitu üüeünüaniong. Penelitian ini akan menggunakan tes sebagai alat untuk mendeteksi kesalahan siswa. Akan ada tiga bagian dalam tes, yaitu, mendengarkan, pengucapan dan membaca kalimat. Penulis akan menjelaskan dan menyimpulkan ciri-ciri kesalahan pengucapan mahasiswa Indonesia pada lima suku kata bahasa Mandarin dengan ü sebagai akhir; menganalisis penyebabnya; dan memberikan saran kepada para dosen tentang cara mengajar mahasiswa Indonesia untuk mengucapkan suku kata tersebut. Penulis berharap artikel ini dapat meningkatkan pengucapan mahasiswa Indonesia pada lima suku kata bahasa Mandarin dengan ü sebagai akhir dan berkontribusi pada koreksi kesalahan pengucapan tersebut. Kuesioner akan membantu penulis untuk mengukur kemampuan mahasiswa Indonesia melafalkan lima suku kata bahasa Mandarin dengan ü sebagai final. Setelah itu, penulis akan menggunakan hasilnya sebagai data untuk mengamati kesalahan, dan menarik kesimpulan tentang karakteristik kesalahan pengucapan dan penyebabnya.

References

冯婷婷. (2012).留学生的语音偏误研究. 佳木斯教育学院学报, 04, 70.
黄伯荣. (2002). 现代汉语. 北京:高等教育出版社.
鲁健骥. (1984). 中介语理论与外国人学习汉语的语音偏误分析. 语言教学与研究 ,3.
任长慧. (2001). 汉语教学中的偏误分析. 武汉:武汉大学出版社.
王德春. (2009). 对外汉语论丛─第七集.上海 : 学林出版社.
王功平. (2011). 印尼留学生普通话舌尖前/后辅音发音偏误实验. 华文教学与研究,2,
46-55.
王建勤. (2009). 第二语言习得研究. 北京: 商务印书馆.
王茂林. (2007). 印尼华裔留学生汉语三合元音韵母偏误分析. 世界汉语教学,1, 89-98.
温晓虹. (2008). 汉语作为外语的习得研究. 北京:北京大学出版社.
邢福义. (2011). 现代汉语. 湖北:华中师范大学出版社.
Parera, J.D. (1997). Linguistik Edukasional. Jakarta: Erlangga.
Verhaar, J.W.M. (2012). Asas-asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gadjah Mada University
Press.
Corders, P. (1967). The Significance of Learner’s Errors. London: Oxford University press.
Syamsuddin, A.R. (2006). Metode penelitian pendidikan bahasa. Bandung: Remaja
Rosadakarya
Published
2021-06-24