印尼留学生汉语撮口呼韵母偏误分析
Abstract
Artikel ini meneliti bagaimana mahasiswa Indonesia melafalkan lima suku kata bahasa Mandarin dengan isebagai akhir, yaitu ü、üe、ün、üan、iong. Penelitian ini akan menggunakan tes sebagai alat untuk mendeteksi kesalahan siswa. Akan ada tiga bagian dalam tes, yaitu, mendengarkan, pengucapan dan membaca kalimat. Penulis akan menjelaskan dan menyimpulkan ciri-ciri kesalahan pengucapan mahasiswa Indonesia pada lima suku kata bahasa Mandarin dengan ü sebagai akhir; menganalisis penyebabnya; dan memberikan saran kepada para dosen tentang cara mengajar mahasiswa Indonesia untuk mengucapkan suku kata tersebut. Penulis berharap artikel ini dapat meningkatkan pengucapan mahasiswa Indonesia pada lima suku kata bahasa Mandarin dengan ü sebagai akhir dan berkontribusi pada koreksi kesalahan pengucapan tersebut. Kuesioner akan membantu penulis untuk mengukur kemampuan mahasiswa Indonesia melafalkan lima suku kata bahasa Mandarin dengan ü sebagai final. Setelah itu, penulis akan menggunakan hasilnya sebagai data untuk mengamati kesalahan, dan menarik kesimpulan tentang karakteristik kesalahan pengucapan dan penyebabnya.
References
黄伯荣. (2002). 现代汉语. 北京:高等教育出版社.
鲁健骥. (1984). 中介语理论与外国人学习汉语的语音偏误分析. 语言教学与研究 ,3.
任长慧. (2001). 汉语教学中的偏误分析. 武汉:武汉大学出版社.
王德春. (2009). 对外汉语论丛─第七集.上海 : 学林出版社.
王功平. (2011). 印尼留学生普通话舌尖前/后辅音发音偏误实验. 华文教学与研究,2,
46-55.
王建勤. (2009). 第二语言习得研究. 北京: 商务印书馆.
王茂林. (2007). 印尼华裔留学生汉语三合元音韵母偏误分析. 世界汉语教学,1, 89-98.
温晓虹. (2008). 汉语作为外语的习得研究. 北京:北京大学出版社.
邢福义. (2011). 现代汉语. 湖北:华中师范大学出版社.
Parera, J.D. (1997). Linguistik Edukasional. Jakarta: Erlangga.
Verhaar, J.W.M. (2012). Asas-asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gadjah Mada University
Press.
Corders, P. (1967). The Significance of Learner’s Errors. London: Oxford University press.
Syamsuddin, A.R. (2006). Metode penelitian pendidikan bahasa. Bandung: Remaja
Rosadakarya
Open Access Policy
This is an open access journal which means that all content is freely available without charge to the users or their institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of the articles, or use them for any other lawful purpose, without asking prior permission from the publisher or the author. This is in accordance with the BOAI definition of open access.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.