GANGGUAN MENULIS PADA PEMBELAJAR BAHASA ARAB KELAS 4 SEKOLAH DASAR

  • Nunung Nunung Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rhesty Widyayuning Maharani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Tatang Tatang Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: Bahasa Arab, Disgrafia, Gangguan Menulis, Psikolinguistik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali pengaruh disgrafia terhadap kemampuan menulis pembelajar bahasa Arab di tingkat sekolah dasar dan untuk mengeksplorasi metode serta pendekatan yang efektif dalam membantu mereka meningkatkan keterampilan menulis. Rumusan masalah yang peneliti ambil adalah 1). Bagaimana pengaruh disgrafia terhadap kemampuan menulis pembelajar bahasa Arab di tingkat sekolah dasar?. .2). Apa saja metode dan pendekatan yang efektif dalam membantu pembelajar bahasa Arab dengan disgrafia untuk meningkatkan keterampilan menulis mereka?. Penelitian ini mengadopsi metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk menganalisis gangguan disgrafia pada salah satu siswa. Teknik pengumpulan data meliputi kajian pustaka, wawancara, dan dokumentasi. Hasil menunjukan bahwa pembelajaran menulis bahasa Arab di sekolah berjalan intensif. Namun, anak-anak yang mengalami disgrafia menghadapi tantangan signifikan dalam menulis huruf dan struktur kata Arab, terutama karena adanya perbedaan sistem tulisan dibandingkan dengan tulisan Latin. Faktor-faktor yang menghambat kemampuan menulis mereka meliputi kesulitan membedakan huruf hijaiyah, kendala dalam orientasi tulisan dari kanan ke kiri, serta kecenderungan untuk menulis dengan kualitas yang buruk dan tidak konsisten.

References

Adek, A. P., Syafria, F., Haerani, E., & Budianita, E. (2022). Diagnosis Awal Disgrafia pada Anak Menggunakan Metode Bacpropagation. Jurnal Unitek, 15(2). https://doi.org/https://doi.org/10.52072/unitek.v15i2.391
Dewi, K. Y. F., & Herayun, L. T. D. (2021). MENGELOLA SISWA DENGAN KESULITAN BELAJAR MENULIS (DISGRAFIA). Jurnal Pendidikan, 4(4). https://doi.org/https://doi.org/10.37637/dw.v8i5.909
Fuadah, S. S., Rini, S., & Kusumawati, E. R. (2023). Analisis Gangguan Menulis ( Disgrafia ) Pada Anak Dengan Perspektif Psikolinguistik. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 4(3), 1709–1715.
Ginting, R. L., Hawa, A. D., Sinaga, C. A., Delima, Lubis, F. Z. S., Unanta, F. A. D., FetrayanaGultom, Sarah, S., Cahya, S. R., & Ardiva, T. (2023). Meningkatkan Kemampuan Menulis Pada Anak Disgrafia dengan Terapi Okufasi. Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), 33–42.
Hadi, M., & Machmudah, U. (2023). Analysis Study of the " Tracing the Dots " Method in IMLA Learning for Students Ma ’ had Al-Izzah Leadership School Batu. Risalah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 9(2), 565–575.
Munawarah, M., & Zulkiflih, Z. (2020). Pembelajaran Keterampilan Menulis (Maharah al-Kitabah) dalam Bahasa Arab. Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.36915/la.v1i2.15
Natsir, M., & Rahmawati, A. (2018). BENTUK INTERFERENSI SINTAKSIS BAHASA INDONESIA DALAM BERBAHASA ARAB. Ijaz Arabi Journal of Arabic Learning, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.18860/ijazarabi.v1i2.5416
Nik Haryanti, Muhibbudin, M., & Imam Junaris. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa (Disleksia dan Disgrafia) di Masa Pandemi Covid-19. Journal of Instructional and Development Researches, 2(1), 7–16. https://doi.org/10.53621/jider.v2i1.60
Nurfadhillah, S., Padyah, P., Khofifaturrahmah, M., Nurbaiti, L., M, N. O., A, A. M., & A, A. W. (2021). Analisis Anak Berkebutuhan Khusus dengan Kesulitan Belajar (Disleksia) dan Kesulitan Menulis (Disgrafia) pada Siswa Kelas 3 SDN Pondok Bahar 6 Kota Tangerang. Yasin, 1(2), 275–282. https://doi.org/10.58578/yasin.v1i2.133
Paramita, L. Della, Nurfadhillah, S., & Sa’odah, S. (2022). ANALISIS KESULITAN BELAJAR ANAK DISGRAFIA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SDN KARANG TENGAH 5 KOTA TANGERANG. Jurnal Pembelajaran Dan Pengembangan Diri, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.66
Rahmi, A., & Damri, D. (2021). Meningkatkan Keterampilan Menulis Kalimat Sederhana melalui Media Buku Halus Kasar Bagi Anak Disgrafia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5305–5312. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1644
Sari, N., Kusmana, A., & Kuntarto, E. (2020). Strategi Menangani Kesulitan Menulis (Disgrafia) Melalui Pembelajaran Partisipatif Di Sekolah. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 56–63. https://doi.org/10.19105/ghancaran.v2i1.3265
Sulaiman, E. (2023). Membumikan Bahasa Arab Sejak Dini (Analisis Kesulitan dan Tantangan dalam Pembelajaran Bahasa Arab untuk Pemula). Edu Journal Innovation in Learning and Education, 1(2), 142–151. https://doi.org/10.55352/edu.v1i2.761
Susanti, A., & Ngatmini, N. (2024). Solusi Terhadap Penderita Disleksia dan Disgrafia. Multiverse: Open Multidisciplinary Journal, 3(1), 33–39. https://doi.org/10.57251/multiverse.v3i1.1407
Yusuf, M. (2019). PSIKOLINGUISTIK DALAM METODOLOGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI ERA POSTMETODE. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban STIQ Amuntai, 2(2).
Zakiyah, A. R., & Alvina, R. (n.d.). PENERAPAN METODE GUIDE WRITING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS POLA DASAR PADA ANAK DISGRAFIA Arisa Rahmawati Zakiyah dan Risma Alvina Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri.
Published
2025-06-10