Perancangan Game Digital Mobile dengan Teknik Dynamic untuk Mengubah Distorsi Kognitif Penderita Depresi Mayor pada Remaja

Improving Mental Health Through Interactive Play Experiences

  • Muchammad Rizhamu Amam Universitas Kristen Satya Wacana
  • T. Arie Setiawan P Universitas Kristen Satya Wacana
  • Jasson Prestilliano Universitas Kristen Satya Wacana
Keywords: Digital Game, Major Depression, Cognitive Thinking, Dynamic Difficulty Scaling

Abstract

This research investigates the potential of the digital game "Isamu" with the implementation of Dynamic Difficulty Scaling Technique as a therapeutic medium for individuals experiencing low-level major depression within the age group of 18-24 years old. With a focus on enhancing cognitive thinking, the game is designed to contribute positively to the development of adaptive and positive thinking patterns in players. The research findings indicate that the use of Dynamic Difficulty Scaling Technique yields positive outcomes as expected, with challenges tailored to individual abilities. This study not only supports the use of games as a therapy tool for major depression but also demonstrates further potential development in this field.

References

Adnas, Diny, A., Rachmawan, “Perancangan dan Pengembangan Video Game Sebagai Media Terapi Depresi, “Computer Based Information System Journal, 2022.
Andri. (2022, Oktober 17) Sering Kita Mengabaikan Ancaman Depresi [Online]. Sumber: https://katanetizen.kompas.com/read/2022/10/13/130904985/seringnya-kita-mengabaikan-ancaman-depresi?page=all
Annahar, Cici, N., Hendrati, Lucia, Y. “Faktor Yang Berhubungan Dengan Depresi Pada Remaja Overweight -Obesitas di Kabupaten Jombang,” Ikesma: Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat. 2022
Amalia, Annisa, Anggraeni, Niken, S., “Pencegahan Depresi di Kalangan Dewasa Muda Akibat Pandemi Covid-19 Melalui Kampanye Sosial Pada Instagram,” Jurnal IKRATH-HUMANIORA Vol.7, No. 2, Juli 2022.
Ananda. (2022, November 5) Penyebab, Gejala, Pengobatan dan Cara Mencegahnya [Online]. Sumber: https://www.gramedia.com/best-seller/depresi-mayor/#Pengobatan_untuk_Gangguan_De presi _ Mayor
Authary, N., “Dunia Yang Luas Dalam Layar Kecil (Suatu Analisis Penggunaan Video Games Pada Pembelajaran Matematika),” Numeracy Vol. 5, No. 1, April, pp.10-18, 2018.
Bahtiar, Aflaha, R. (2022, Oktober 15) Bisa Cegah Depresi, Bermain Game Baik Bagi Kesehatan Mental Remaja [Online]. Sumber: https://www.suara.com/health/2021/02/22/112426/bisa-cegah-depresi-bermain-game-baik-bagi-kesehatan-mental-remaja
Center for Public Mental Health. (2022, Oktober 16) Urgensi Peningkatan Kesehatan Mental di Masyarakat [Online]. Sumber: https://cpmh.psikologi.ugm.ac.id/2020/07/24/urgensi-peningkatan-kesehatan-mental-di-masyarakat
Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat. (2022, Oktober 16) Hari Kesehatan Jiwa Sedunia Tahun 2022, Kesehatan Mental Penting untuk Diperhatikan [Online]. Sumber: https://dinkes.kalbarprov.go.id/hari-kesehatan-jiwa-sedunia-tahun-2022-kesehatan-mental-penting-untuk-diperhatikan
Fadli, Rizal. (2022, November 4) Komplikasi Gangguan Depresi Mayor yang Perlu Diwaspadai [Online]. Sumber: https://www.halodoc.com/artikel/komplikasi-gangguan-depresi-mayor-yang-perlu-diwaspadai
Helmi. (2022, Oktober 15) Studi: Video Game Bisa Jadi Terapi Untuk Atassi Depresi [Online]. Sumber: https://www.yesdok.com/id/article/studi-video-game-bisa-jadi-terapi-untuk-atasi-depresi
Kühn, Simone, Berna, Fabrice, dkk. Fighting Depression: Action Video Game Play May Reduce Rumination and Increase Subjective and Objective Cognition in Depressed Patiens. Original research article, 2018)
Lestari, Karlina. (2022, November 6) Video Game: Opsi Masa Depan Pengobatan Depresi [Online]. Sumber: https://www.sehatq.com/artikel/video-game-opsi-masa-depan-pengobatan-depresi
Lin, A. J., Cheng, F. F., dan Chen, C. B., “Use of Virtual Reality Games in People with Depression and Axiety,” ACM Int. Conf. Proceeding Ser., pp.169-174.
Mahmudah, Nur, Putri, Refsya, A., dkk, “Peningkatan Pengetahuan Masyarakat Tentang Derpresi Melalui Edukasi,” MEDIKA Jurnal Pengabdian Masyarakat.
Nisa, Ida, S. (2022, November 5) Mengenal Lebih Jauh Gejala Depresi [Online]. Sumber: https://ners.unair.ac.id/site/lihat/read/739/mengenal-lebih-jauh-gejala-depresi
Pittara. (2022, November 6) Ketahui Apa Itu Terapi Perilaku Kognitif [Online]. Sumber: https://www.alodokter.com/ketahui-apa-itu-perilaku-kognitif
Putra, Erik, P. (2022, Oktober 15) Kemenkes : Kasus Depresi Meningkat 6,5 Persen Selama Pandemi [Online]. Sumber: https://www.republika.co.id/berita/r0r7h2484/kemenkes-kasus-depresi-meningkat-65-persen-selama-pandemi
Sardjito, Humas. (2022, Oktober 15) Minimumnya Kesadaran Masyarakat Terhadap Mental Health [Online]. Sumber: https://sardjito.co.id/2022/03/09/minimnya-kesadaran-masyarakat-terhadap-mental-health
Valentina, Silvia (2022, November 5) Kenali Gangguan Depresi Mayor [Online]. Sumber: https://ciputrahospital.com/kenali-gangguan-depresi-mayor/
Winurini, S., “Permasalahan Kesehatan Mental Akibat Pandemi Covid19,” Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual dan Strategis Vol.XII, No. 15, 13-18.
Published
2024-05-10