Perancangan Board Game sebagai Media Pembelajaran tentang Pentingnya Merawat Gigi bagi Anak Usia Sekolah Dasar

  • Maria Pratami Cahyaningtyastuti 087827500071
  • Birmanti Setia Utami Universitas Kristen Satya Wacana
  • Jasson Prestiliano Universitas Kristen Satya Wacana
Keywords: media, learning, learning media, board game, health, children health

Abstract

Merawat kesehatan gigi sangat penting dan kegiatan ini merupakan salah satu perilaku Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Meskipun banyak orang mengerti akan hal tersebut namun sebagian besar mengabaikan dan tidak sepenuhnya paham dampaknya jika mereka tidak merawat kesehatan gigi sejak dini. Terutama untuk siswa sekolah dasar, mereka harus mendapatkan pelajaran tentang kesehatan gigi. Harus ada perhatian khusus untuk menumbuhkan kesadaran para murid akan kesehatan gigi. Untuk membuat siswa berminat mempelajarinya, harus ada media interaktif yang berhubungan dengan kesehatan gigi. Tujuan penelitian ini untuk merancang board game “Bye-bye Karies” sebagai media belajar dan untuk menumbuhkan kesadaran siswa sekolah dasar akan kesehatan gigi. Metode deskriptif, pendekatan kombinasi dan strategi linear digunakan dalam penelitian ini. Hasil yang diperoleh dari penelitian bahwa siswa sekolah dasar lebih sadar akan kesehatan gigi setelah mereka memainkan board game “Bye-bye Karies”.

Author Biographies

Birmanti Setia Utami, Universitas Kristen Satya Wacana

Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Teknologi Informasi

Jasson Prestiliano, Universitas Kristen Satya Wacana

Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Teknologi Informasi

References

Anitasari, S., Liliwati. 2005. Pengaruh Frekuensi Menyikat Gigi Terhadap Tingkat Kebersihan Gigi dan Mulut Siswa-Siswi Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Palaran Kotamadya Samarinda Provinsi Kalimantan Timur, Dentika Dental Journal, Vol 10, No. 1, h.22-27.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Depkes RI.(2007). Pedoman Pembinaan Perilaku Hidup Sehat. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI.

EndersGame. 2011. On The Value of Dexterity Games: Featuring Two New Dexterity Games That Should be on Your Radar. http://www.boardgamegeek.com/blogpost/6877/value-dexterity-games-featuring-two-new-dexterity. Diakses pada 29 Oktober 2018.

Ismail, Andang. 2012. Education Games. Yogyakarta: Pro-U Media

Istianto, T. 2013. Perancangan Board Game tentang Bercocok Tanam di Rumah. Jurnal DKV Adiwarna 1(2).
Kompasiana, Seberapa Pentingkah Media dalam Pembelajaran?. 2013.

https://www.kompasiana.com/nikdanhan/seberapa-pentingkah-media-dalam-pembelajaran_552e234f6ea83403098b457c. Diakses tanggal 1 Juli 2018.

Nurmalita, A., T.T. Hastuti, dan T. Hardiyanti. (2012). “Kartu Remi Jawa (KAREWA): Strategi Efektif Meningkatkan Minat Anak dalam Pembelajaran Aksara Jawa dengan Sistem Queen Card Game”. Jurnal Pelita, VII(I), hlm. 39–46. https:// journal.uny.ac.id/index.php/pelita/article/ view/4241/3665

Pintauli S, Hamada T. Menuju gigi & mulut sehat pencegahan dan pemeliharaan. Medan: USU Press, 2008: 4-18.

Sarwono, J., & H. Lubis. 2007. Metode Riset untuk Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi.

Sugar, Steve, Sugar, K.K.. 2002. Primary Games: Experiential Learning Activities for Teaching Children K-8, New York: John Wiley & Sons, Inc.

Suryabrata, Sumadi. 2012. Metode Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo.

Johnson, B., & Larry Christensen. 2007. Educational Research: Quantitative, Qualitative and Mixed Approaches. 3rd ed. Thousand Oaks: Sage Publication Inc.

Sutjipto, Chrisdwianto, Vonny N.S Wowor, Wulan P.J Kaunang, 2013, Gambaran Tindakan Pemeliharan Kesehatan Gigi Dan Mulut Anak Usia 10 – 12 Tahun Di Sd Kristen Eben Haezar 02 Manado, Jurnal e-Biomedik (eBM), I(1): 697-706.
Published
2020-05-15