PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN LOKASI TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA GANGNAM MIE KOREA RESTO

  • Ria Dwi Kristanti Tanto A Putro
  • Tanto Askriyandoko Putro
Keywords: Store Atmosphere

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada usaha dagang dibidang Food and Beverage (F&B). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh store atmosphere dan lokasi terhadap minat beli konsumen pada Gangnam Mie Korea Resto Arumdalu Blitar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Pengambilan data menggunakan rumus Slovin dengan jumlah sampel 100 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner, wawancara, dan observasi. Metode analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan analisis regresi linier berganda dengan pendekatan statistik yang dilakukan melalui program SPSS.17. Hasil pengujian hipotesis yang dilakukan menunjukkan bahwa store atmosphere dan lokasi berpengaruh signifikan terhadap minat beli secara simultan dengan nilai f hitung sebesar 54,618 lebih besar dari f tabel dengan nilai probabilitas 0. Secara parsial, dari hasil uji t menunjukkan store atmosphere dan lokasi berpengaruh signifikan terhadap minat beli artinya masing-masing dari store atmosphere maupun lokasi terdapat pengaruh terhadap minat beli. R Square pada analisis regresi sebesar 53% dan sisanya 47% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

References

Arifin, Rois, dan Helmi Muhammad. 2015. Pengantar Manajemen. Malang: EMPATDUA

Engel, J.F. 2015. Pengertian Perilaku Konsumen, Edisi 6 (Jilid 1). Jakarta: Bina Aksara.

Ferdinand, Augusty. 2012. Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.

Kinnear, T.C. dan James R. Taylor. 2012. Riset Pemasaran. Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2013. Manajemen Pemasaran, Edisi 12 (Jilid 2), Erlangga, Jakarta.

Masrurin, D.L. 2019. Analisis lokasi dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen pada UKM AISA Cookies Blitar. Skripsi. Program Studi Manajemen STIE Kesuma Negara Blitar.

Nugroho. 2013. Perilaku Konsumen, Edisi Revisi. Jakarta: PT. Kharisma PutraUtama.

Savira, Yuanita dan T.A. Putro. 2020. Pengaruh store atmosphere (suasana toko) terhadap keputusan pembelian konsumen toko bangunan UD Triputra Selaras. Jurnal PENATARAN 5 (1): 81 -93.

Sujarweni, V.W. 2014. SPSS Untuk Penelitian. Pustaka Baru Press. Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2019. Pemasaran Jasa Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Edisi Terbaru. Andi Offset. Yogyakarta.
Published
2022-08-22