ANALISIS HARGA DAN SALURAN DISTRIBUSI GUNA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (STUDI KASUS PADA HOME INDUSTRI PUTRI KUNING DESA KARANGREJO)
Abstract
Pesaingan dunia bisnis menuntut setiap perusahaan mendapatkan pangsa pasar dengan meningkatkan volume penjualannya disertai strategi pemasaran yaitu harga dan saluran distribusi. Dimana harga adalah satuan moneter sedangkan saluran distribusi merupakan perantaran dari produsen ke konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis harga dan saluran distribusi terhadap volume penjualan pada home industri putri kuning, dengan menggunakan metode kuantitatif. Teknik sampling menggunkan data responden karyawan dan pelanggan. Berdasarkan hasil perhitungan variabel harga dapat diketahui nilai signifikan sebesar 0,025. Maka dapat disimpulkan bahwa harga tidak berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan, karena nilai signifikan variabel harga lebih besar dari 0,05. Berdasarkan hasil perhitngan variabel saluran distribusi dapat diketahui nilai signifikan sebesar 0,202. Maka dapat disimpulkan bahwa saluran distribusi tidak berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan, karena nilai signifikan variabel saluran distribusi lebih besar dari 0,05. Hal ini menunjukan apabila penggunaan saluran distribusi tidak efektif dan efesien maka berdampak pada volume penjualan.
Kata kunci: Harga, Saluran Distribusi, Volume Penjualan
References
Mariatun, I. L .2017. Pengaruh Saluran Distribusi, Harga dan Promosi Terhadap Volume Penjualan Pada Home Industri Tempe Putra Kl Kecamatan Socah Tahun 2016. Jurnal Ilmu dan Pendidikan Ekonomi Sosial, 1(1), 31-45.
Ningrum, W. S & Harti. 2012. Pengaruh Saluran Distribusi dan Harga Jual Terhadap Volume Penjualan Sandal Pada UKM Sandal di Mojokerto. Artikel Jurnal, 1(1), 1-9.
Rachman, G. G & Yuningsih, K. 2010. Pengaruh Biaya Distribusi dan Saluran Distribusi Terhadap Volume Penjualan . Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 10(2), 151-175.
Kotler, P. & Keller, K. L. 2012. Marketing Management (14th ed.). United States of America: Pearson.
Saragih, H .2015. Analisis Strategi Penetapan Harga dan Pengaruhnya Terhadap Volume Penjualan Pada Pt. Nutricia Indonsesia Sejahtera Medan. Jurnal Ilmiah Methonomi, 1(2), 46-54.
Sunyoto, D. 2013. Teori, Kuisioner, dan Analisis Data. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sugiyono. 2012. Merode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Swata, dan Irawan, 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi III. Yogyakarta: Andi Offset.
Widiana, M. E. dan B. Sinaga. 2010. Dasar-Dasar Pemasaran. Cetakan Pertama. Karya Putra Darwati. Bandung.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan proprietary yang tidak dilindungi oleh hak paten atau aplikasi paten; tanggung jawab untuk konten teknis dan untuk perlindungan dari bahan proprietary merupakan tanggung jawab penulis dan organisasi mereka dan bukan tanggung jawab dari Jurnal Parsimonia atau Staff Pengelolanya. Penulis utama (pertama/yang sesuai) bertanggung jawab untuk memastikan bahwa artikel tersebut telah dilihat dan disetujui oleh semua penulis lain. Hal ini merupakan tanggung jawab penulis untuk mendapatkan semua izin pelepasan hak cipta yang diperlukan untuk penggunaan setiap materi dalam naskah sebelum pengajuan.