ANALISIS HARGA DAN SALURAN DISTRIBUSI GUNA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (STUDI KASUS PADA HOME INDUSTRI PUTRI KUNING DESA KARANGREJO)

  • Ismiati Ismiati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesuma Negara Blitar
  • Tetty Widiyastuti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesuma Negara Blitar
Keywords: Price, Distribution, Channels, Sales Volume

Abstract

Pesaingan dunia bisnis menuntut setiap perusahaan mendapatkan pangsa pasar dengan meningkatkan volume penjualannya disertai strategi pemasaran yaitu harga dan saluran distribusi. Dimana harga adalah satuan moneter sedangkan saluran distribusi merupakan perantaran dari produsen ke konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis harga dan saluran distribusi terhadap volume penjualan pada home industri putri kuning, dengan menggunakan metode kuantitatif. Teknik sampling menggunkan data responden karyawan dan pelanggan. Berdasarkan hasil perhitungan variabel harga dapat diketahui nilai signifikan sebesar 0,025. Maka dapat  disimpulkan bahwa harga tidak berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan, karena nilai signifikan variabel harga lebih besar dari 0,05. Berdasarkan hasil perhitngan variabel saluran distribusi dapat diketahui nilai signifikan sebesar 0,202. Maka dapat disimpulkan bahwa saluran distribusi tidak berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan, karena nilai signifikan variabel saluran distribusi lebih besar dari 0,05. Hal ini menunjukan apabila penggunaan saluran distribusi tidak efektif dan efesien maka berdampak pada volume penjualan.

 

Kata kunci: Harga, Saluran Distribusi, Volume Penjualan

References

Alaslamiyah, L.S. 2008. Pengaruh Saluran Distribusi dan Harga Terhadap Volume Penjualan Pada Industri Rumah Tangga Sodok Di Desa Karangrejo Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruhan.

Mariatun, I. L .2017. Pengaruh Saluran Distribusi, Harga dan Promosi Terhadap Volume Penjualan Pada Home Industri Tempe Putra Kl Kecamatan Socah Tahun 2016. Jurnal Ilmu dan Pendidikan Ekonomi Sosial, 1(1), 31-45.

Ningrum, W. S & Harti. 2012. Pengaruh Saluran Distribusi dan Harga Jual Terhadap Volume Penjualan Sandal Pada UKM Sandal di Mojokerto. Artikel Jurnal, 1(1), 1-9.

Rachman, G. G & Yuningsih, K. 2010. Pengaruh Biaya Distribusi dan Saluran Distribusi Terhadap Volume Penjualan . Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 10(2), 151-175.

Kotler, P. & Keller, K. L. 2012. Marketing Management (14th ed.). United States of America: Pearson.

Saragih, H .2015. Analisis Strategi Penetapan Harga dan Pengaruhnya Terhadap Volume Penjualan Pada Pt. Nutricia Indonsesia Sejahtera Medan. Jurnal Ilmiah Methonomi, 1(2), 46-54.

Sunyoto, D. 2013. Teori, Kuisioner, dan Analisis Data. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. 2012. Merode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Swata, dan Irawan, 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi III. Yogyakarta: Andi Offset.

Widiana, M. E. dan B. Sinaga. 2010. Dasar-Dasar Pemasaran. Cetakan Pertama. Karya Putra Darwati. Bandung.
Published
2022-06-20