PEMODERASIAN EFIKASI DIRI DALAM PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN DUKUNGAN RELASI TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA SISWA SMA DI SURABAYA
Abstract
Kewirausahaan merupakan salah satu solusi untuk mengatasi pengangguran di Indonesia, maka dari itu intensi berwirausaha harus dipupuk sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pendidikan kewirausahaan dan dukungan relasi terhadap intensi berwirausaha serta efek moderasi dari efikasi diri dalam hubungan antara pendidikan kewirausahaan, dukungan relasi dan intensi berwirausaha siswa SMA di Surabaya. Populasinya adalah siswa SMA yang telah diajarkan pendidikan entrepreneurship. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah sensus, dengan jumlah populasi yaitu 32 siswa sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda pada aplikasi SPSS sebagai alat analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahaan berpengaruh terhadap intensi berwirausaha, akan tetapi dukungan relasi tidak berpengaruh terhadap intensi berwirausaha. Di sisi lain, efikasi diri dapat memoderasi hubungan antara pendidikan kewirausahaan dan dukungan relasi terhadap intensi berwirausaha siswa.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan proprietary yang tidak dilindungi oleh hak paten atau aplikasi paten; tanggung jawab untuk konten teknis dan untuk perlindungan dari bahan proprietary merupakan tanggung jawab penulis dan organisasi mereka dan bukan tanggung jawab dari Jurnal Parsimonia atau Staff Pengelolanya. Penulis utama (pertama/yang sesuai) bertanggung jawab untuk memastikan bahwa artikel tersebut telah dilihat dan disetujui oleh semua penulis lain. Hal ini merupakan tanggung jawab penulis untuk mendapatkan semua izin pelepasan hak cipta yang diperlukan untuk penggunaan setiap materi dalam naskah sebelum pengajuan.