PEMODERASIAN EFIKASI DIRI DALAM PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN DUKUNGAN RELASI TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA SISWA SMA DI SURABAYA

  • Krismi Budi Sienatra Universitas Ciputra

Abstract

Kewirausahaan merupakan salah satu solusi untuk mengatasi pengangguran di Indonesia, maka dari itu intensi berwirausaha harus dipupuk sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pendidikan kewirausahaan dan dukungan relasi terhadap intensi berwirausaha serta efek moderasi dari efikasi diri dalam hubungan antara pendidikan kewirausahaan, dukungan relasi dan intensi berwirausaha siswa SMA di Surabaya. Populasinya adalah siswa SMA yang telah diajarkan pendidikan entrepreneurship. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah sensus, dengan jumlah populasi yaitu 32 siswa sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda pada aplikasi SPSS sebagai alat analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahaan berpengaruh terhadap intensi berwirausaha, akan tetapi dukungan relasi tidak berpengaruh terhadap intensi berwirausaha. Di sisi lain, efikasi diri dapat memoderasi hubungan antara pendidikan kewirausahaan dan dukungan relasi terhadap intensi berwirausaha siswa.

Published
2020-12-29