PENGARUH GREEN KNOWLEDGE, GREEN PRODUCT, DAN GREEN PRICE TERHADAP GREEN PURCHASE INTENTION SEPEDA MOTOR RAMAH LINGKUNGAN Studi pada Generasi Z di Pulau Jawa
Abstract
Banyaknya permasalahan lingkungan yang terjadi pada saat ini memicu adanya inovasi terhadap produk ramah lingkungan. Salah satu permasalahan lingkungan yang terjadi adalah polusi karbon dioksida yang dihasilkan dari asap kendaraan bermotor. Adanya permasalah tersebut membuat pentingnya masyarakat mendapatkan pengetahuan tentang isu lingkungan dan cara mengatasinya (green knowledge), serta membuat perusahaan mulai berinovasi dengan menciptakan produk sepeda motor ramah lingkungan (green product) dan tetap meperhatikan harga yang ditawarkan sesuai dengan manfaat yang diterima konsumen. Oleh sebab itu, penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh green knowledge terhadap green purchase intention sepeda motor ramah lingkungan 2) pengaruh green product terhadap green purchase intention sepeda motor ramah lingkungan 3) pengaruh green price terhadap green purchase intention sepeda motor ramah lingkungan 4) terdapat perbedaan green purchase intention berdasarkan minat pada jenis sepeda motor ramah lingkungan. Jenis penelitian yang digunakan adalah asosiatif dengan pendekatan kuantitatif menggunakan kuesioner. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 responden dari generasi Z yang berdomisili di Pulau Jawa, dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability dengan metode purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda, uji T, uji F, dan uji independent samples t-test yangmenggunakan aplikasi SPSS 25. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) green knowledge berpengaruh terhadap green purchase intention sepeda motor ramah lingkungan 2) green product berpengaruh terhadap green purchase intention sepeda motor ramah lingkungan 3) green price tidak berpengaruh terhadap green purchase intention sepeda motor ramah lingkungan 4) tidak terdapat perbedaan green purchase intention berdasarkan minat pada jenis sepeda motor ramah lingkungan.
References
Arrazzaqy, M. N., & Lukiarti, M. M. (2023). Pengaruh Pengetahuan Lingkungan dan Kepedulian Lingkungan Terhadap Minat Beli Produk Hijau pada Generasi Z (Studi Kasus Pada Produk Pakaian Bekas (Thrifting) di Kabupaten Rembang). Jurnal Mirai Management, 8(1), 479–485. https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/mirai/article/view/3860
Atmando, C. R. (2021). Pengaruh Persepsi Green Product dan Green Brand Image Terhadap Minat Beli Rumah Ramah Lingkungan pada Generasi Y di Surabaya. Performa: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 4(3), 394–405. https://doi.org/10.37715/jp.v4i3.1651
Elvierayani, R. R., & Choiroh, F. (2020). Pengaruh Green Product dan Green Price Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Tupperware (Studi Kasus Pada Mahasiswa Manajemen FE UNISLA). Mandalika Mathematics and Educations Journal, 2(1), 67–75. https://doi.org/10.29303/jm.v2i1.1751
Madjidan, N. L., & Sulistyowati, R. (2022). Pengaruh Green Marketing dan Green Product terhadap Green Purchase Intention pada Alang Alang Zero Waste Shop. Jurnal Ecogen, 5(2), 294–305. https://doi.org/10.24036/jmpe.v5i2.13068
N, N. (2023). Perkembangan Jumlah Kendaraan Bermotor Menurut Jenis (Unit), 2019-2021. Badan Pusat Statistik. https://www.bps.go.id/indicator/17/57/1/jumlah-kendaraan-bermotor.html
Pristiandaru, D. L. (2023). Mengenal 17 Tujuan SDGs Pembangunan Berkelanjutan Beserta Penjelasannya. Kompas.com. https://sdgs.bappenas.go.id/website/wp-content/uploads/2021/02/Metadata-Pilar-Lingkungan-Edisi-II_REV3.pdf, diases tanggal 07 Maret 2024.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan proprietary yang tidak dilindungi oleh hak paten atau aplikasi paten; tanggung jawab untuk konten teknis dan untuk perlindungan dari bahan proprietary merupakan tanggung jawab penulis dan organisasi mereka dan bukan tanggung jawab dari Jurnal Parsimonia atau Staff Pengelolanya. Penulis utama (pertama/yang sesuai) bertanggung jawab untuk memastikan bahwa artikel tersebut telah dilihat dan disetujui oleh semua penulis lain. Hal ini merupakan tanggung jawab penulis untuk mendapatkan semua izin pelepasan hak cipta yang diperlukan untuk penggunaan setiap materi dalam naskah sebelum pengajuan.