DAPATKAH HEDONIC VALUE MEMPENGARUHI WILLINGNESS TO PAY PRODUK BAHAN MAKANAN ORGANIK ?
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara nilai utilitarian dan nilai hedonis terhadap kesediaan membayar produk beras organik. Penelitian ini dilatarbelakangi untuk mengetahui apa yang mempengaruhi konsumen terhadap produk makanan organik yang lebih mengarah pada variabel nilai utilitarian atau nilai hedonis. Tujuan penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui indikator apa saja yang mempengaruhi kesediaan membayar produk bahan organik. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode sensus dimana metode ini mengambil seluruh populasi sebagai sampel. Sampel yang digunakan untuk penelitian ini adalah 60 orang yang disebar melalui media online dengan menggunakan kuesioner berbasis online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai hedonis tidak mempengaruhi kesediaan untuk membayar, sedangkan nilai utilitarian mempengaruhi kesediaan untuk membayar
References
Blinda, K., Schnittka, O., Sattler, H., & Gräve, J. F. (2019). Implementing effective customer participation for hedonic and utilitarian services. Journal of Services Marketing, 33(3). https://doi.org/10.1108/JSM-07-2018-0196
Ghali, Z. Z. (2020). Effect of utilitarian and hedonic values on consumer willingness to buy and to pay for organic olive oil in Tunisia. British Food Journal, 122(4). https://doi.org/10.1108/BFJ-06-2019-0414
Ham, M., Pap, A., & Stanic, M. (2018). What drives organic food purchasing? – evidence from Croatia. British Food Journal, 120(4). https://doi.org/10.1108/BFJ-02-2017-0090
Han, H., Lee, M. J., & Kim, W. (2018). Role of shopping quality, hedonic/utilitarian shopping experiences, trust, satisfaction and perceived barriers in triggering customer post-purchase intentions at airports. International Journal of Contemporary Hospitality Management, 30(10). https://doi.org/10.1108/IJCHM-09-2017-0563
Sienatra, K.B. & Pranedya, A. (2020). Penggunaan Brand Awareness sebagai Mediasi Antara Advertising dan Purchase Decision Produk Fashion Online. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 4(6), 340-345. https://doi.org/10.24912/jmbk.v4i6.9047
Konuk, F. A. (2019). Consumers’ willingness to buy and willingness to pay for fair trade food: The influence of consciousness for fair consumption, environmental concern, trust and innovativeness. Food Research International, 120. https://doi.org/10.1016/j.foodres.2019.02.018
Liu, C. C., Chen, C. W., & Chen, H. S. (2019). Measuring consumer preferences and willingness to pay for coffee certification labels in Taiwan. Sustainability (Switzerland), 11(5). https://doi.org/10.3390/su11051297
Maehle, N., Iversen, N., Hem, L., & Otnes, C. (2015). Exploring consumer preferences for hedonic and utilitarian food attributes. British Food Journal, 117(12). https://doi.org/10.1108/BFJ-04-2015-0148
Ningsih, K., Sakdiyah, H., Felani, H., Dwiastuti, R., & Asmara, R. (2019). Analisis Kesediaan Membayar (Willingness to Pay) Masyarakat Terhadap Pertanian Organik Buah Naga. Agriekonomika, 8(2). https://doi.org/10.21107/agriekonomika.v8i2.5425
Petljak, K. ; I. Š. ; S. R. (2017). CONSUMERS` WILLINGNESS TO PAY MORE FOR ORGANIC FOOD IN CROATIA. Ekonomski Vjesnik/Econviews - Review of Contemporary Business, Entrepreneurship and Economic Issues, 30(2).
Zeithaml, V. A. (1988). Consumer Perceptions of Price, Quality, and Value: A Means-End Model and Synthesis of Evidence. Journal of Marketing, 52(3). https://doi.org/10.1177/002224298805200302
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan proprietary yang tidak dilindungi oleh hak paten atau aplikasi paten; tanggung jawab untuk konten teknis dan untuk perlindungan dari bahan proprietary merupakan tanggung jawab penulis dan organisasi mereka dan bukan tanggung jawab dari Jurnal Parsimonia atau Staff Pengelolanya. Penulis utama (pertama/yang sesuai) bertanggung jawab untuk memastikan bahwa artikel tersebut telah dilihat dan disetujui oleh semua penulis lain. Hal ini merupakan tanggung jawab penulis untuk mendapatkan semua izin pelepasan hak cipta yang diperlukan untuk penggunaan setiap materi dalam naskah sebelum pengajuan.