PENGARUH MEDIA EXPOSURE, SENSITIVITAS INDUSTRI, DAN GROWTH TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DISCLOSURE
Abstract
This study aims to examine the effect of media exposure, industrial sensitivity, and growth on the disclosure of corporate social responsibility in all companies listed on the Indonesia Stock Exchange for the period 2017 to 2019. The sample of this study is all publicly traded companies listed on the Stock Exchange. Indonesia for the 2017-2019 period with a total of 95 companies. This study uses multiple regression analysis to test the effect of each variable. The results of this study indicate that media exposure and industrial sensitivity have a positive effect on CSR disclosure. Meanwhile, in this study, growth shows that growth does not affect CSR disclosure. In the theory of legitimacy, it provides an illustration of the difference between the values adopted by the company and the values of the community, so the company will be in a threatened position or a legitimacy gap, in that the company will try to minimize the legitimacy gap with CSR disclosure. So that the disclosure of CSR will be a positive signal that can reduce information asymmetry.
References
Brigham, E. F., & Houston. (2006). Fundamental of Financial Management: Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.
Connelly, B. L., Certo, S. T., Ireland, R. D., & Reutzel, C. R. (2011). Signaling Theory: A Review and Assessment. Journal of Management, 39-67. doi:doi:10.1177/0149206310388419.
Dowling, J., & Pfeffer, J. (1975). Organizational Legitimacy: Social Values and Organizational Behavior. Pacific Sociological Journal Review, 122-136.
Ekowati, Lilis, Prasetyono, & Wulandari, A. (2014). Pengaruh Profitabilitas, Lukuiditas, Growth, dan Media Exposure Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Persuahaan (Studi Pada Perushaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2010-2012). Simposium Nasional Akuntansi 17 Mataram, 1-24.
Elkington, J. (1998). Cannibals With Forks: The Triple Bottom Line in 21st Century Business. New Society Publishers.
Fajar, J. (2014, Desember 12). Tiga BUMN Jadi Perusahaan Terbaik Peduli Lingkungan Indeks “SRI-KEHATI”.
Freeman. (1984). Strategic Management: A Stakeholder Approach. Boston: Pitman.
Global Reporting Initiative. (2016). Rangkaian Standar Pelaporan Keberlanjutan GRI 2016 Terkonsolidasi. Amsterdam.
Hackston, D., & Milne, M. J. (1996). Some Determinants of Social and Environmental Disclosures in New Zealand Companies. Accounting, Auditing & Accountability Journal.
Hasnia, & Rofingatun, S. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Growth dan Media Exposure Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perushaan (Studi Empiris pada Perushaan Manufaktur dan Perushaan Jasa yang Terdaftar di BEI Tahun 2013-2015). Jurnal Akuntansi dan Keuangan Daerah, 56-71.
Hastian, C. (2019). Hubungan Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Profitabilitas dengan Penghidaran Pajak (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di BEI Tahun 2016-2018).
Hitipeuw, S. D., Kuntari, Y., & Triani. (2020). Pengaruh Kepemilikan Saham Publik, Profitabilitas, dan Media Terhadap Pengunakapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Management & Accounting Expose, 40-51.
IAI. (2016). Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.
Karokaro, A. S. (2018, April 24). Walhi: Kondisi Indonesia Masih Darurat Ekologis. Retrieved from Mongabay: https://www.mongabay.co.id/2018/04/24/walhi-kondisi-indonesia-masih-darurat-ekologis/
Lindawati, A. S., & Puspita, M. E. (2015). Corporate Social Responsibility: Implikasi Stakeholder dan Legitimacy Gap dalam Peningkatan Kinerja Perusahaan. Jurnal Akuntansi Multiparadigma.
Lindawati, Lin, A. S., & Puspita, M. E. (2015). Corporate Social Responsibility: Implikasi Stakeholder Dan Legitimacy Gap Dalam Peningkatan Kinerja Perusahaan. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 6, 157-174.
Lubis, W. Y., & Dewi, L. G. (2020). The Effect of Profitability, Industrial Type, and Media Exposure on Corporate Social Responsibility Disclosure. America Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 279-285.
Melati, P. (2014). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) (Studi Empiris pada Perushaan Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di BEI Periode 2010-2012).
Munsaidah, S., Andiri, R., & Supriyanto, A. (2016). Analisis Pengaruh Firm, SIze Age, Profitabilitas, Leverage, dan Growth Perushaan Terhadap Corporate Social Responsibility (CSR) Pada Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2010-2014. Journal of Accounting.
Mutia, K. F., Wahyuni, M. A., & Herawati, N. T. (2018). Pengaruh Sensitivitas Industri, Kepemilikan Saham Publik, Ukuran Dewan Komisaris, dan Leverage Terhadap Pengungkapan Kinerja Ekonomi, Sosial, dan Lingkungan pada Perushaan yang Terdaftar pada Indeks SRI KEHATI Periode 2013-2017. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi Undiksha, 13-25
Nursiam, & Rahayu, S. D. (2019). Analisis Pengaruh Profitabilita, Firm Size, Media Exposure, Leverage, dan Ukuran Dewan Komisaris Terhadap CSR Disclosure. Prosiding STIE BPD Accounting Forum (SAF).
Pangestika, S., & Widiastuti, H. (2017). Pengaruh Media Exposure dan Kepemilikan Asing Terhadap Corporate Social Responsibility Expenditure dan Corporate Social Responsibility Disclosure (Studi Empiris pada Seluruh Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016). Reviu Akuntansi dan Bisnis Indonesia, 78-89.
Pradnyani, I. G., & Sisdyani, E. A. (2015). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, dan Ukuran Dewan Komisaris pada Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi Universtitas Udayana, 11.
Pusaka, S. (2017, Juni 12). Peluncuran GRI Standards 2018: Membaca Arah Akuntabilitas Masa Depan. Retrieved from Majalah CSR: https://majalahcsr.id/peluncuran-gri-standards-2018-membaca-arah-akuntabilitas-masa-depan/
Putri, Y. R., & Yuliandhari, W. S. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Sales Growth, dan Ukuran Perusahaan Terdahap Pengungkapan Corporate Social Responsibility pada Perusahaan Indeks Kompas 100 tahun 2017-2018. Journal of Applied Managerial Accounting, 1-11.
Rahayu, P., & Anisyukurlillah, I. (2015). Pengaruh Kepemilikan Saham Publik, Profitabilitas, dan Media Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial. Accounting Analysis Jurnal.
Sari, R. A. (2012). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Universitas Negeri Yogayakarta, Jurnal Mominal.
Satrianegara, R. (2018, April 06). Citarum Dicemari Limbah Industri 349.000 Ton Setiap Hari. Retrieved from CNBC Indonesia: https://www.cnbcindonesia.com/news/20180406133932-4-9961/citarum-dicemari-limbah-industri-349000-ton-setiap-hari
Sekaran, & Bougie. (2019). Metode Penelitian Untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.
Septianingsih, L. R., & Muslih, M. (2019). Board Size, Owneship Diffusion, Gender Diversity, Media Exposure dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Studi Kasus pada Perusahaan Indeks SRI-KEHATI yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017). Jurnal Akuntansi Maranatha, 218-229.
Solikhah, B., & Winarsih, A. M. (2016). Pengaruh Liputan Media, Kepekaan industri dan Struktur Tata Kelola Perushaan Terhadap Kualitas Pengungkapan Lingkungan. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia, 1-22.
Spence, M. (1973). Job Market Sginaling. The Quarterly Journal of Economics, 355-374.
Suganda, T. R. (2018). Modul Praktikum Statistika.
Suwardjono. (2014). Teori Akuntansi Perekayasaan Pelaporan Keuangan, edisi ketiga cetakan kedelapan. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.
Syakirli, I., Cheisviyanny, C., & Halmawati. (2019). Pengaruh Karakteristik Perushaan Terhadap Pengungkapan Sustainability Reporting. Jurnal Eksplorasi Akutansi, 277-289.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas. (n.d.). Jakarta, Republik Indonesia.
Waraihan, Z. (2020). Pengaruh Media Exposure, Earnings Management, Corporate Governance, dan Insdustrial Type Terhadap Sustainability Report (Studi pada Perusahaan yang Mengikuti Asia Sustainability Reporting Rating Periode 2018-2019).
WBCSD. (2000). Corporate Social Responsibility: Making Good Business Sense. World Business Council for Sustainable Development.
Widiastuti, H., Utami, E. R., & Handoko, R. (2018). Pengaruh Ukuran Perushaan, Tipe Industri, Growth, dan Media Exposure Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Studi Emperis pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2015). Riset Akuntansi dan Keuangan Indonesia, 107-117.
Wigrhayani, N. N. (2019). Pengaruh Tipe Industri, Growth, Profitabilitas, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi.
Wiyuda, A., & Pramono, H. (2017). Pengaruh Good Corporate Governance, Karakteristik Perushaan Terhadap Luas Pengungkapan Corporate Social Responsibility pada Perushaan Terdaftar di BEI. KOMPARTEMEN, 12-25
Yuliawati, R., & Sukirman. (2015). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Accouting Analysis Journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan proprietary yang tidak dilindungi oleh hak paten atau aplikasi paten; tanggung jawab untuk konten teknis dan untuk perlindungan dari bahan proprietary merupakan tanggung jawab penulis dan organisasi mereka dan bukan tanggung jawab dari Jurnal Parsimonia atau Staff Pengelolanya. Penulis utama (pertama/yang sesuai) bertanggung jawab untuk memastikan bahwa artikel tersebut telah dilihat dan disetujui oleh semua penulis lain. Hal ini merupakan tanggung jawab penulis untuk mendapatkan semua izin pelepasan hak cipta yang diperlukan untuk penggunaan setiap materi dalam naskah sebelum pengajuan.