ANALISIS SWOT DAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING UKM ES PUTER DI KOTA MALANG

  • Purnomo .
  • Yuswono Hadi
Keywords: UKM, SWOT, Es Puter, Pemasaran, Daya Saing

Abstract

Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Es Puter di Kota Malang juga masih menghadapi berbagai
permasalahan salah satunya adalah pemasaran. Strategi pemasaran adalah salah satu cara memenangkan
keunggulan bersaing yang berkelanjutan baik itu untuk perusahaan yang memproduksi barang atau
jasa. Penelitian ini memiliki tujuan untuk: mendapat gambaran mengenai strategi pemasaran untuk
meningkatkan daya saing, dan untuk mengetahui seberapa efektif pelaksanaan strategi pemasaran yang
telah dilakukan dengan mengidentifikasi dan menjelaskan kekuatan dan kelemahan (lingkungan
internal) serta peluang dan ancaman (lingkungan eksternal) serta merumuskan srtategi pemasaran Es
Puter yang tepat melalui analisis SWOT (Strengths, Weaknesess, Opportunities, dan Threats).
Penelitian ini dilakukan di UKM Es Puter Malang. Metode Penelitian menggunakan pengumpulan
datanya dengan dokumentasi, wawancara dan observasi, jenis penelitian deskriptif. Hasil dari analisis
efektifitas strategi pemasaran menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan.

Published
2018-03-15