ANALISIS SWOT DAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING UKM ES PUTER DI KOTA MALANG
Abstract
Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Es Puter di Kota Malang juga masih menghadapi berbagai
permasalahan salah satunya adalah pemasaran. Strategi pemasaran adalah salah satu cara memenangkan
keunggulan bersaing yang berkelanjutan baik itu untuk perusahaan yang memproduksi barang atau
jasa. Penelitian ini memiliki tujuan untuk: mendapat gambaran mengenai strategi pemasaran untuk
meningkatkan daya saing, dan untuk mengetahui seberapa efektif pelaksanaan strategi pemasaran yang
telah dilakukan dengan mengidentifikasi dan menjelaskan kekuatan dan kelemahan (lingkungan
internal) serta peluang dan ancaman (lingkungan eksternal) serta merumuskan srtategi pemasaran Es
Puter yang tepat melalui analisis SWOT (Strengths, Weaknesess, Opportunities, dan Threats).
Penelitian ini dilakukan di UKM Es Puter Malang. Metode Penelitian menggunakan pengumpulan
datanya dengan dokumentasi, wawancara dan observasi, jenis penelitian deskriptif. Hasil dari analisis
efektifitas strategi pemasaran menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan.
Setiap artikel yang dipublikasikan diasumsikan tidak mengandung bahan proprietary yang tidak dilindungi oleh hak paten atau aplikasi paten; tanggung jawab untuk konten teknis dan untuk perlindungan dari bahan proprietary merupakan tanggung jawab penulis dan organisasi mereka dan bukan tanggung jawab dari Jurnal Kurawal atau Staff Pengelolanya. Penulis utama (pertama/yang sesuai) bertanggung jawab untuk memastikan bahwa artikel tersebut telah dilihat dan disetujui oleh semua penulis lain. Hal ini merupakan tanggung jawab penulis untuk mendapatkan semua izin pelepasan hak cipta yang diperlukan untuk penggunaan setiap materi dalam naskah sebelum pengajuan.