REVALUASI SPESIFIKASI KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK SISTEM INFORMASI AKADEMIK TERINTEGRASI

  • Agatha Grace Maharani Sarwono
  • Yudhi Kurniawan
Keywords: Spesifikasi kebutuhan perangkat lunak (SRS), Sistem akademik, proses bisnis, Kebutuhan Sistem dan Pengguna

Abstract

Universitas Ma Chung adalah salah satu univesitas yang telah menerapkan dan memanfaatkan teknologi, yaitu dibuktikan adanya sistem informasi akademik macsys1 dan macsys2. Seiring dengan berkembangnya kebutuhan universitas yang semakin kompleks, pada tahun 2018 Unit Pelaksana Teknis Sistem Informasi (UPT SI) di Universitas Ma Chung telah merilis satu sistem baru yang terintegrasi antara sistem informasi bagian akademik dan non-akademik. Sistem terintegrasi yang sedang terus dibangun ini disebut macIS yaitu Ma Chung Integrated System. Berdasarkan proses pembangunan dan pengembangan sistem yang ada, Universitas Ma Chung belum memiliki dokumen spesifikasi kebutuhan perangkat lunak (SRS) baik untuk macsys1, macsys2 maupun macIS.Berdasarkan latar belakang yang ada, dapat disimpulkan yaitu bagaimana menyusun dokumen spesifikasi kebutuhan perangkat lunak untuk sistem informasi terintegrasi pada Universitas Ma Chung yang telah dibangun agar sistem yang ada sesuai dengan kebutuhan organisai dan kebutuhan pengembangan sistem selanjutnya. Penyusunan dokumen dilakukan dengan menggunakan metode analisis kebutuhan berorientasi obyek. Analisis sistem berorientasi objek ini merupakan tahapan perantara untuk memetakan spesifikasi yang teridentifkasi sehingga kebutuhan sistem dapat lebih mudah diimplementasikan. Hal ini dilakukan dengan menganalisis proses bisnis yang sedang berjalan di Univeristas Ma Chung. Sedangkan untuk penulisan dokumen menggunakan standar internasional dan terbaru yaitu ISO/IEC/IEEE 29148-2011. Hasil akhir yang diperoleh adalah sebuah dokumen revaluasi spesifikasi kebutuhan perangkat lunak sesuai dengan kebutuhan organisai dan kebutuhan pengembangan sistem dengan standar dokumentasi internasional yaitu ISO/IEC/IEEE 29148-2011.

Published
2019-10-31

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>