SISTEM INFORMASI LAYANAN PEMINJAMAN FASILITAS IT (IT HELP-DESK MANAGEMENT SYSTEM)

  • Yudhi Kurniawan
  • Frasiska Wiranti
Keywords: Penjadwalan, peminjaman, perbaikan, layanan IT, help-desk

Abstract

Universitas Ma Chung merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Kota Malang. Dalam rangka memenuhi kebutuhan seluruh sivitas akademik, Universitas Ma Chung menyediakan beberapa fasilitas mulai dari barang IT, layanan perbaikan fasilitas IT dan layanan mahasiswa. Hingga saat ini, Universitas Ma Chung masih menggunakan cara manual dengan menggunakan Ms, Excel untuk mencatat permohonan peminjaman barang IT, perbaikan dan permohonan layanan. Selain itu, pengguna yang akan melakukan peminjaman juga harus membuat surat pinjaman dan kemudian diberikan kepada kepala divisi. Pengguna juga tidak dapat mengetahui apakah barang yang akan dipinjam masih ada pada tanggal yang diajukan atau tidak. Jika tidak, maka calon pengguna harus membuat ulang surat peminjaman fasilitas. Berdasarkan latar belakang, terdapat tiga masalah utama dalam proses layanan. Pertama, permohonan peminjaman fasilitas IT, permohonan perbaikan dan permohonan layanan IS/IT serta penjadwalan masih dilakukan dengan cara manual. Kedua, keluar masuk fasilitas Universitas yang dipinjam tidak dapat dipantau secara realtime. Ketiga, tidak adanya grafik laporan yang menunjukkan berapa banyak fasilitas Universitas yang dipinjam. Pengembangan sistem dilakukan dengan metode Three Major Phase yang dibagi dalam tiga fase utama, yaitu analisis, desain, dan implementasi. Sistem ini diharapkan dapat membantu Universitas Ma Chung untuk memantau perkembangan alur bisnis peminjaman, perbaikan dan layanan IS/IT. Hasil akhir yang didapat adalah laporan keluar masuk barang universitas serta jadwal peminjaman, perbaikan dan layanan.

Published
2019-03-20

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>