TECHNIQUE FOR ORDER PREFERENCE BY SIMILARITY TO IDEAL SOLUTION UNTUK MEMILIH JURUSAN BAGI SISWA SMA BERDASARKAN KECERDASAN GANDA

  • Moh. Ahsan Universitas Kanjuruhan Malang
  • Devi Permatasari Universitas Kanjuruhan Malang
  • Retno Marsitin Universitas Kanjuruhan Malang
Keywords: Kecerdasan, Pendidikan, TOPSIS

Abstract

Setiap manusia mempunyai lebih dari satu kecerdasan ganda, seperti logika-matematika, visual-spasial, interpersonal, intrapersonal, linguistik, musikal, naturalis, dan kinestestis (Howard Gardner dari Harvard University). Banyak cara, untuk melihat kecerdasan seseorang diantaranya melalui angka, musik, gambar, kata-kata, kegiatan fisik atau sosial-emosional. Banyak hasil riset mengenai kecerdasan siswa, mengharap kepada orang tua dan wali murid agar selalu memberikan banyak pengaraha, stimulasi dan pengalaman kepada siswa.
Pendidikan menjadi point penting untuk orang tua dalam meningkatkan kecerdasan anaknya, dimana dalam lembaga pendidikan anak sebagai peserta didik atau siswa dapat diarahkan kepada bakat, minat dan potensi yang dimilikinya. Jika anak tidak tersentuh oleh dunia pendidikan maka potensi kecerdasan yang dimiliki seorang anak tidak akan berkembang dengan maksimal.
Pemilihan jurusan sejak awal bisa mempermudah siswa dalam memilih bidang ilmu atau jurusan yang akan ditekuninya di akademik, sekolah tinggi atau di Universitas kelak yang tentunya akan mengarah kepada masa depan dan karirnya. Sejak diberlakukannya kurikulum 2013 dimana sistem peminatan sudah dimulai dan dilakukan dari kelas Sepuluh atau kelas satu. Hal ini tentunya membutuhkan peran guru Bimbingan Konseling (BK) untuk mengarahkan anak ke bakat, minat dan potensi akademiknya. Pilihan tersebut terdiri dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) , dan BAHASA (KEMEDIKBUD 2012).
Technique for Order Preference by Similiarty to Ideal Solution (TOPSIS) adalah diantara salah satu metode yang didalam MADM (Multiple-Attribute Decesion Making) dan merupakan salah satu pemodelan decision support system (SPK) digunakan untuk pengambilan sebuah keputusan dalam menetapkan kriteria yang terbaik dari beberapa alternatif berdasarkan beberapa kriteria yang telah ditentukan sebelumnya.

Published
2018-10-28