ANALISIS KESENJANGAN TERHADAP PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001:2015 PADA CV. TIRTA MANGKOK MERAH

  • Yoan Crismanto
  • Sunday Noya , ST., MprocgMgnt
Keywords: Sistem Manajemen Mutu, ISO 9001:2015, Gap Analysis

Abstract

CV. Tirta Mangkok Merah adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang industri air mineral. Masalah yang dihadapi adalah tidak maksimalnya penerapan sistem manajemen mutu. Hal tersebut terjadi karena kurangnya sosialisasi yang dilakukan oleh perushaan, sehingga mengakibatkan karyawan tidak dapat memahami prosedur-prosedur yang sesuai dengan sistem manajemen mutu yang ada.
Oleh sebab itu, untuk mengatasi permasalahan mengenai penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 di perusahaan, maka akan diindentifikasi mengenai permasalahan apa saja yang menyebabkan penerapan tidak dapat berjalan secara penuh. Kemudian faktor-fator tersebut akan dianalisis dengan menggunakan metode Gap Analysis dan Fault Tree Analysis (FTA).
Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan dengan menggunakan dua metode yaitu Gap Analysis dan FTA, maka diketahui bahwa perusahaan telah dapat meningkatkan presentase penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 berdasarkan range presentase peniliaian sebesar 73%-97% dari sebelumnya sebesar 58%-90%.

Published
2018-10-28