ANALISIS HARGA DAN SALURAN DISTRIBUSI GUNA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (STUDI KASUS PADA HOME INDUSTRI PUTRI KUNING DESA KARANGREJO)

  • Ismiati Ismiati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesuma Negara Blitar
  • Tetty Widiyastuti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesuma Negara Blitar
Keywords: Price, Distribution, Channels, Sales Volume

Abstract

Pesaingan dunia bisnis menuntut setiap perusahaan mendapatkan pangsa pasar dengan meningkatkan volume penjualannya disertai strategi pemasaran yaitu harga dan saluran distribusi. Dimana harga adalah satuan moneter sedangkan saluran distribusi merupakan perantaran dari produsen ke konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis harga dan saluran distribusi terhadap volume penjualan pada home industri putri kuning, dengan menggunakan metode kuantitatif. Teknik sampling menggunkan data responden karyawan dan pelanggan. Berdasarkan hasil perhitungan variabel harga dapat diketahui nilai signifikan sebesar 0,025. Maka dapat  disimpulkan bahwa harga tidak berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan, karena nilai signifikan variabel harga lebih besar dari 0,05. Berdasarkan hasil perhitngan variabel saluran distribusi dapat diketahui nilai signifikan sebesar 0,202. Maka dapat disimpulkan bahwa saluran distribusi tidak berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan, karena nilai signifikan variabel saluran distribusi lebih besar dari 0,05. Hal ini menunjukan apabila penggunaan saluran distribusi tidak efektif dan efesien maka berdampak pada volume penjualan.

 

Kata kunci: Harga, Saluran Distribusi, Volume Penjualan

Published
2022-06-20