IMPLEMENTASI BEHAVIOR TREE PADA PERILAKU NPC DI GAME SIDESCROLLER
Abstract
Side scrolling adalah sebuah genre game yang dimana player akan bergerak sepanjang alur permainan kesatu arah untuk menyelesaikan semua misinya. Genre game ini memungkinkan pemain untuk melompat, berlari dan juga bertarung melawan berbagai musuh. Untuk dapat menjadikan sebuah game yang menarik maka sangat diperlukan sebuah Non-Player Character (NPC) yang mempunyai kemampuan kecerdasan buatan untuk menampilkan game agar dapat terlihat lebih alami dan adiktif. Pada game ini, NPC memiliki perilaku yang beragam, terdiri dari menyerang, patroli, mengejar, dan meledakkan diri. Untuk dapat mengatur serta mengontrol perilaku ini, penulis menggunakan algoritma behavior tree yang berfungsi untuk mengatur perilaku tersebut dalam bagan berbentuk pohon.
Downloads
Open Access Policy
This is an open-access journal which means that all content is freely available without charge to the users or their institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of the articles, or use them for any other lawful purpose, without asking prior permission from the publisher or the author. This is in accordance with the BOAI definition of open access.
This work is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International