RANCANGAN ANIMASI 3D WISATA EMBUNG WALAN MENGGUNAKAN PROSES PENDEKATAN USER REQUIREMENT

  • Maximilian Wayong Hera
  • Syahminan .
  • Muhamamad Priyono Tri S
Keywords: Animasi 3D, Objek Wisata, Embung Walan

Abstract

Saat ini banyak Objek Wisata yang bermunculan diberbagai tempat, namun kebanyakan Obyek Wisata hanya berupa museum, benteng dan situs peninggalan sejerah lain nya, dan selain itu juga kurangnya Obyek Wisata berupa Danau atau Embung yang memberikan nilai ekonomi bagi para masyarakat. Banyak sekali tempat yang tidak digunakan sebagai tempat wisata misalnya seperti “Embung Walan” yang mempunyai nilai guna yang tinggi justru digunakan hanya air bersih dengan pengairan di sawah-sawah tetapi Embung Walan juga bisa digunakan sebagai objek wisata. Salah satu tempat destinasi wisata dan juga untuk membantu para petani di sekitar Embung Walang yang terdapat di Desa Lewokluok. Pada pembuatan video Animasi 3D ini, proses dimulai dengan menentukan ide dan tema, wawancara di Desa Lewokluok, mengumpulkan data hingga merancang storyboard. Selajutnya melakukan proses tahap pemodelan (modeling) , teksturing, animating camera, dan Lighting hingga masuk pada tahap render dengan meggunakan aplikasi blender, setelah itu menjadi sebuah potongan adegan dari hasil rendering menjadi seebuah video animasi 3D. Setelah itu proses pengeditan dan penambahan teks serta audio instrument musik menggunakan software filmora. Kemudian tahap yang terakhir proses final rendering yang menghasilkan sebuah video Animasi 3D secara keseluruhan di aplikasi fimolra menjadi format file mp4 beresolusi 1280x720 pixel dengan frame 24frame/second pixel berdurasi 01 menit 54 detik dan ukuran file 97,8 MB.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-03-10
How to Cite
Hera, M., ., S., & Tri S, M. (2020). RANCANGAN ANIMASI 3D WISATA EMBUNG WALAN MENGGUNAKAN PROSES PENDEKATAN USER REQUIREMENT. Kurawal - Jurnal Teknologi, Informasi Dan Industri, 3(1), 66 - 80. https://doi.org/https://doi.org/10.33479/kurawal.v3i1.305