RANCANG BANGUN DATA MART POINT KEAKTIFAN MAHAHASISWA PADA UNIVERSITAS

  • Gabriel Geovan Ocnota
  • Hendro Poerbo
Keywords: Perancangan, ETL, Cube, SSRS, Data Mart

Abstract

Universitas Ma Chung merupakan Universitas Swasta di Malang, Jawa Timur yang memiliki banyak data, salah satunya adalah data point keaktifan mahasiswa. Universitas Ma Chung masih belum memiliki database khusus yang berfungsi sebagai data warehouse, perusahaan hanya memiliki database operasional sehingga untuk melakukan analisis data kurang optimal dan memerlukan banyak waktu.
Tujuan dari dilaksanakannya penelitian ini adalah merancang dan membangun data mart yang dapat digunakan untuk menampilkan laporan grafik point keaktifan mahasiswa pada Universitas Ma Chung menggunakan SSRS (SQL Server Reporting Services), sehingga universitas dapat melakukan analisis data secara optimal dan memiliki laporan informasi eksekutif. Metode penelitian yang digunakan adalah analisa dan perancangan, dimana pada tahap analisa melakukan pengumpulan data dan membuat instrumen perancangan. Sedangkan tahap perancangan menggunakan Kimball lifecycle dan 9-step data warehouse design methodology.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah skema snowflake pada data mart, ETL harian otomatis, dimana data dikonversi dari SQL Server (database transaksional) ke dalam SQL Server (database tujuan), OLTP, OLAP (cube) dan reporting berbasis web. Simpulan dari penelitian ini adalah rancangan data mart point keaktifan mahasiswa yang dapat digunakan untuk menyimpan data historis point keaktifan mahasiswa pada Universitas Ma Chung sehingga dapat digunakan untuk analisis bisnis lebih lanjut.

Published
2019-10-31