Pengenalan Identitas Budaya Nusantara Lewat Buku Mewarnai “The Time Machine Coloring Book Bernostalgia dengan Warna”

  • Raden Hadapiningrani Kusumohendrarto STSRD VISI INDONESIA
  • Nofria Doni Fitri STSRD VISI INDONESIA
  • Muhammad Nur Sani STSRD VISI INDONESIA
Kata Kunci: Ilustrasi, Identitas, Kebudayaan, Warna, Nusantara, Illustration, Identity, Culture, Color, Archipelago

Abstrak

Dalam kehidupan sehari-hari, seseorang akan mengalami pasang surut secara psikologis, baik secara fisik maupun spiritual. Hal tersebut dapat menyebabkan seseorang mengalami kelelahan, kebosanan, dan stres. Menyikapi hal tersebut, banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya dengan mewarnai buku ilustrasi. Buku ilustrasi mewarnai berjudul “The Time Machine Coloring Book BERNOSTALGIA dengan WARNA” yang disajikan dalam buku ini memiliki hal yang menarik karena memuat identitas budaya nusantara Indonesia yang beragam, mulai dari aktivitas sehari-hari hingga objek dan sebagainya. Serta Ilustrasi dapat sekaligus memberikan pesan edukasi secara tidak langsung melalui visual yang menarik. Penelitian ini akan menggunakan analisis kualitatif deskriptif dengan menganalisis ilustrasi, teks, dan tema dalam buku. Peran ilustrasi buku mewarnai ini diharapkan dapat menjadi media atraksi, minat, edukasi, dan terapi warna yang memperkenalkan identitas budaya nusantara khususnya budaya tradisionalnya.

Referensi

Aisa, A. (2021). TERAPI MEWARNAI SOLUSI UNTUK MENGURANGI STRES AKADEMIK MAHASISWA TERHADAP KULIAH ONLINE. Edu Consilium: Jurnal BK Pendidikan Islam, 62-77.

Dr. Budi suryadi, S. M. (2012). PENGANTAR ANTROPOLOGI. Banjarmasin: P3AI Universitas Lambung Mangkurat.

Dr. J. R. Raco, M. M. (2010). Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya. Jakarta: PT Grasindo.

Dr.Drs. Yanuar Ikbar, M. (2012). Metode Penelitian Sosial Kualitatif. Bandung: PT Refika Aditama.

Farid Rusdi, G. G. (2018). Analisis Industri Kreatif Dalam Memanfaatkan Identitas Kota Melalui Media Baru. Jurnal Komunikasi, 95-102.

Hermanto, Y. A. (2018). Identifikasi Ilustrasi-Tipografi Graphic Vernacular Seabgai Sistem Tanda dan Identitas Warung Tenda di Kota Malang. Journal of Art, Design, Art Education And Culture Studies (JADESCS), 74-83.

Indiria Maharsi, M. (2013). TIPOGRAFI (Tiap Font Memiliki Nyawa dan Arti). Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Indiria Maharsi, M. (2016). Ilustrasi. Yogyakarta: Badan Penerbit ISI Yogyakarta.

Kusrianto, A. (2009). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Ni Luh Putu Trisdyani, S. M. (2019). SEMIOTIKA VISUAL ILUSTRASI KARYA I.B.G WIRAGA PADA BUKU MEWARNAI UNTUK DEWASA (ADULT COLORING BOOKS) ‘NIRVANA’ . Widyanatya.

Peursen, C. A. (1988). Strategi Kebudayaan. Yogyakarta: Kanisius.

Rustan, S. (2009). LAYOUT, Dasar & Penerapannya. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Rustan, S. (2019). Buku Warna 1. Jakarta: PT Lintas Kreasi Imaji.

Salam, S. (2017). SENI ILUSTRASI: ESENSI, SANG ILUSTRATOR, LINTASAN, PENILAIAN. Makassar : Badan Penerbit UNM Universitas Negeri Makassar.

Witabora, J. (2012). Peran dan Perkembangan Ilustrasi. Humaniora, 659-667.

Yoga Kharisma Putra, K. S. (2022). Perancangan Media Sosialisasi Pola Asuh Anak Usia Pra Sekolah Dengan Media Utama Buku Ilustrasi. AKSA.

Zpalanzani, R. H. (2018). Pemanfaatan Game Tower Defense Sebagai Media Edukasi Digital. AKSA, 86-99.
Diterbitkan
2023-07-31