Perancangan Media Promosi Sebagai Upaya Pengenalan Toko Kopi Sido Mukti Malang

  • Jonathan Jonathan Universitas Ma Chung
  • Sultan Arif Rahmadianto Universitas Ma Chung
  • Ayyub Anshari Sukmaraga Universitas Ma Chung
Kata Kunci: Toko kopi, Sidomukti, media sosial, media promosi

Abstrak

Industri 4.0 ditandai meningkatnya penggunaan teknologi informasi. Toko yang berdiri sejak 1950 ini belum memanfaatkan teknologi informasi dalam promosinya. Tugas akhir ini bertujuan merancang media promosi dengan media sosial Instagram karena pertumbuhan penggunanya tinggi dan media cetak. Penggunaan Instagram dan media cetak bertujuan mempromosikan Toko Sido Mukti untuk dapat bersaing di era industri 4.0. Metode kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan suatu obyek. Teknik perancangan diawali dengan pengambilan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari observasi didapatkam data keadaan toko dan lingkungannya. Dari wawancara didapatkan sejarah toko, perkembangan toko, dan keunggulan produk. Data tersebut didokumentasikan dengan rekaman suara, foto, serta video. Tema desain yang digunakan adalah vintage serta ilustrasi cross-hatching. Keluaran akhirnya berupa desain Instagram dan media cetak pendukung lainnya. Kesimpulannya adalah segala jenis usaha sebaiknya mengikuti perkembangan yang ada agar mampu bersaing tanpa meninggalkan keunggulan yang telah ditawarkan. Perancang selanjutnya diharapkan agar mampu mengeksplorasi keunggulan Toko Sido Mukti yang belum dimunculkan.

Referensi

Bohang, Fatimah Kartini. 2018. Juni 2018, Pengguna Aktif Instagram Tembus 1 Miliar [Online] available at https://tekno.kompas.com/read/2018/06/21/10280037/juni-2018- pengguna-aktif-instagram-tembus-1-miliar [Accessed 4 Juli 2019].

Gumiwang, Ringkang. 2018. Ramai-Ramai Merambah Bisnis Kedai Kopi. Tirto.id [Online] available at https://tirto.id/ramai-ramai-merambah-bisnis-kedai-kopi-cHPS [Accessed 3 Januari 2019].

Hartarto, Airlangga. 2018. Making Indonesia 4.0: Strategi RI Masuki Revolusi Industri ke- 4. Kemenperin.go.id [Online] available at http://www.kemenperin.go.id/artikel/ 18967/Making-Indonesia-4.0:-Strategi-RI-Masuki-Revolusi- Industri-Ke-4 [Accessed 3 Januari 2019].

Riana, Friski. 2016. Pengguna Instagram di Indonesia Anak Muda Mapan, Terpelajar [Online] available at https://nasional.tempo.co/read/736014/pengguna-instagram-di-indonesia- anak-muda-mapan-terpelajar/full&view =ok [Accessed 4 Juli 2019].

Sanyoto, Sadjiman Ebdi. 2006. Metode Perancangan Komunikasi Visual Periklanan. Yogyakarta, Indonesia: Dimensi Press.

Sugiyono. 2010. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung, Indonesia: Alfabeta.
Diterbitkan
2023-01-19