Perancangan Website dan Media Promosi Online Sekolah Budaya Tunggulwulung

  • Fourine Ludyanto Universitas Ma Chung
Kata Kunci: Website, Instagram, promosi online, budaya tradisional, Tunggulwulung

Abstrak

Sekolah Budaya Tunggulwulung (SBT) didirikan pada tahun 2014 ini merupakan wadah masyarakat yang ingin melestarikan budaya lokal. Namun sejak berdirinya sekolah ini, peminat dari generasi muda masih belum mencapai angka sasaran. Oleh karena itu dengan adanya website dan media sosial melalui Instagram dan Facebook sebagai media promosi online diharapkan mampu meningkatkan persentase pengikut generasi muda untuk SBT. Dalam menyusun konsep pada perancangan ini menggunakan metode perancangan melalui 4 tahap, yaitu pengumpulan data, analisis data menggunakan metode STP (segmenting, targeting, dan positioning), konsep perancangan yang terdiri dari 3 aspek (perencanaan media, perencanaan kreatif, serta perencanaan tata desain), dan yang terakhir visualisasi desain. Hasil dari perancangan ini berupa website SBT yang sudah dapat diakses secara langsung, dan 12 desain konten untuk media sosial Instagram dan Facebook yang dapat digunakan untuk menginformasikan kepada user lain. Dengan adanya media tersebut Sekolah Budaya Tunggulwulung mulai disadari keberadaannya di tengah masyarakat sehingga peminat dari SBT meningkat.

Referensi

Adipratama, S. 2015, Perancangan Desain Website Sebagai Media Promosi Sanggar Eltigo Clay & Drawing Class Sleman, Yogyakarta, Skripsi, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogtakarta.

Anggraini, L. dan Nathalia, K. 2014, Desain Komunikasi Visual: Dasar-Dasar Panduan untuk Pemula, Nuansa Cendekia, Bandung, Indonesia.

Brata, V.B.T. 2007, Tips Membuat Foto Indah & Menarik: Panduan Komposisi Artistik dalam Fotografi, Mediakita, Jakarta, Indonesia.

Burhanuddin. 2014, Fotografi, Graha Ilmu, Yogyakarta, Indonesia.

Dewi, R.N. dan Wardati, U. 2013, Perancangan Sistem Pembuatan Website Profil Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sidoharjo Pacitan.

Ellsworth, J.H., Ellsworth, M.V. 1997, Marketing on the Internet, edisi kedua, diterjemahkan dari Bahasa Inggris oleh Yulianto, Grasindo, Jakarta.

Enterprise, J. 2014, Black and White Photography dengan Photoshop & Lightroom, Gramedia, Jakarta, Indonesia.

Hafizhuddin, O.N. 2015, Perancangan Desain Media Promosi Sosial Media Red Blood White Bone, Laporan Kerja Praktik, Institut Bisnis dan Informatika STIKOM, Surabaya.

Internet World Stats. 2018, Top 10 Countrie With the Highest Number of Internet Users, diakses pada 25 Februari 2018, .

Jackson, L.D. 2009, Introduction to The Internet and Web Page Design, Skripsi, Fakulty of the Communication Department, Southern Utah University, Cedar City, United States.

Jayan. 2007, Desain Situs Keren dengan Photoshop & Dreamweaver, Maxikom, Palembang, Indonesia.

Mulyanta, E.S. 2010, Menjadi Desainer Layout Andal Menggunakan Adobe InDesign CS4, Andi, Yogyakarta, Indonesia.

Neher, K. 2014, Visual Social Marketing for Dummies, John Wiley & Sons, Inc, Hoboken, New Jersey.

Permatasari, N.A. 2014. Perancangan Desain Website dan Media Aktivasinya Sebagai Strategi Promosi Perusahaan Magic Wall, Universitas Ciputra, Surabaya, Indonesia

Sanyoto, S.E. 2006, Metode Perancangan Komunikasi Visual Periklanan, Dimensi Press, Yogyakarta, Indonesia.

Shim, T.A. 2000, Advertising Promotion and Supplemental Aspect of Integrated Marketing Communitations, edisi kelima, diterjemahkan dari Bahasa Inggris oleh Revyani Sejahrial dan Dyah Anikasari, Erlangga, Jakarta.

Siegel, C.F. 2006, Internet Marketing: Foundations and Applications, edisi kedua, United States of America.

Simarmata, J. 2010, Rekayasa Web, Andi, Yogyakarta, Indonesia.

Tjiptono, F., Chandra, G., dan Adriana, D. 2008, Pemasaran Strategik, Andi, Yogyakarta, Indonesia.

Wedel, M., Pieters, R. 2008, Visual Marketing: From Attention to Action, Lawrence Erlbaum Associates, New York, London.

Sadono, S.2015, Komposisi Foto, Elex Media Komputindo, Jakarta, Indonesia.
Diterbitkan
2023-01-18