Perancangan Brand dan Identity Es Kacang Merah Top Ternate (Es KTT) Malang

  • Christanto Putra Universitas Ma Chung
Kata Kunci: Brand, identity, Es KTT, Malang

Abstrak

Brand merupakan suatu aspek penting bagi pelaku usaha. Brand dapat digunakan sebagai pembeda atau diferensiasi dan juga sebagai identitas bagi pelaku usaha agar usaha tersebut dapat dikenal oleh masyarakat. Salah satu usaha yang sedang berkembang di Kota Malang adalah Es KTT. Penulis melihat suatu permasalahan yang sedang dihadapi oleh Es KTT yaitu adalah Es KTT belum memiliki brand yang cukup kuat sehingga belum dapat dikenal dan berkembang dengan maksimal. Maka dibuatlah perancangan brand dan identity ini dengan menggunakan metode kualitatif. Data-data yang didapat dianalisa menggunakan analisa SWOT yang dikombinasikan dengan metode brand roadmap oleh Mike Moser. Dan kemudian dilanjutkan dengan strategi perancangan berupa cyclic strategi, sehingga pada akhirnya menghasilkan konsep visulisasi brand dan identity berupa logo dan penerapannya dalam berbagai media yang dibutuhkan Es KTT dengan tujuan agar Es KTT dapat menarik minat dan perhatian masyarakat. Hasil dari perancangan ini telah dilakukan uji survey kepada 50 orang dan hasilnya mereka puas dengan perancangan ini.

Referensi

Anggraini S., Nathalia, K. (2014). Desain Komunikasi Visual, Dasar-Dasar Panduan untuk Pemula. Bandung : Nuansa Cendekia.

Arikunto, S. (2002). Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta : Rineka Cipta

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Basu, S. (2000). Manajemen Pemasaran. Jakarta : Liberty.

Basu, S. (2007). Pengantar Bisnis Modern, Pengantar Ekonomi Perusahaan Modern. Jakarta : Liberty.

Haig, M. (2004). Brand Royalty : How The World’s Top 100 Brands Thrive and Survive. London : Kogan Page Limited.

Jones J.C. (1992). Design Methods : Seeds of Human Futures. London : The Pitman Press.

Kartajaya, H. (2002). Hermawan Kartajaya On Marketing. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran. Jakarta : PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kriyantoro, R. (2008). Public Relations Writing : Teknik Produksi Media Public Relations dan Publisitas Korporat. Jakarta : Penerbit Kencana (Prenada Media Group).

Lubis, H., Sarwono, J. (2007). Metode Riset untuk Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Minamiyama, H. (2007). World Branding : Concept, Strategy and Design. USA : Gingko Press Inc.

Moelong, Lexy J. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : , PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Moser, M. (2006). United We Brand : Menciptakan Merek Kohesif yang Dilihat, Didengar, dan Diingat. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Randall, G. (2001). The Art of Marketing : A Practical Guide to Planning Your Strategy. New Delhi : Crest Publishing House.

Rangkuti, F. (2000). Analisis SWOT : Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Wells W., Burnett J., Moriarty S. (2004). Advertising Principles and Practice. New Jersey : Pretince Hall.

Wheeler, A. (2009). Designing Brand Identity : An Essential Guide For The Entire Branding Team. New Jersey : John Wiley & Sons Inc.
Diterbitkan
2023-01-16