Re-Branding dan Perancangan Promosi untuk Clothing Maker-Garmen di Malang

  • Callista Ignacia Universitas Ma Chung
  • Etsa Astridya Setiyati Universitas Ma Chung
  • Ayyub Anshari Sukmaraga Universitas Ma Chung
Kata Kunci: Branding, merek, promosi, logo, Clothing Maker-Garmen

Abstrak

Dalam mendirikan sebuah usaha, nama merek dan kualitas produk menjadi hal penting yang perlu diperhatikan. Oleh karena itu, dengan adanya branding atau re-branding dapat menjadi batasan dan pembeda setiap pelaku usaha satu dan usaha lainnya. Selain itu, perancangan media promosi juga sangat membantu dalam meningkatkan awareness. Objek perancangan dalam Tugas Akhir ini adalah Clothing Maker-Garmen di Malang. Clothing Maker-Garmen merupakan salah satu usaha kecil menengah yang bergerak di bidang konveksi baju. Sejak didirikan pada tahun 2014, Clothing Maker-Garmen belum banyak dikenal masyarakat luas. Oleh karena itu, perlu dilakukan re-branding guna meningkatkan brand awareness serta pendapatan usaha (income). Media yang dihasilkan berupa logo (positif dan negatif), slogan, corporate identity (kop surat, amplop, stempel, nota pembayaran), buku graphic standart manual (GSM), serta media promosi berupa brosur, kartu nama, buku katalog dan merchandise. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif-deskriptif. Teknik pengambilan data yang dilakukan adalah melalui proses wawancara (in depth interview) serta studi literatur. Analisis data yang digunakan pada re-branding dan perancangan promosi adalah analisis Segmentation, Targeting dan Positioning (STP). Perancangan yang digunakan berupa perancangan media dan perancangan kreatif. Hasil dari perancangan re-branding yang didapat berupa peningkatan brand awareness yang berdampak pada peningkatan jumlah konsumen serta pendapatan usaha (income).

Referensi

Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, 2015, Jumlah UMKM dan Tenaga Kerja di Provinsi Jawa Timur, diakses pada 24 Februari 2017, (http://diskopumkm.jatimprov.go.id/view-media.php?pages=content&id=57&bidang=).

Badan Pusat Statistik Indonesia, 2013, Proyeksi Penduduk Indonesia, Jakarta, diakses tanggal 09 April 2017, (http://www.bappenas.go.id/files/5413/9148/4109/Proyeksi_Penduduk_Indonesia_2010-2035.pdf).

Undang-Undang Nomor 15 tahun 2001 Tentang Merek.

Undang-Undang Nomor 20 tahun 2016 Tentang Merek dan Indikasi Geografis.

Solomon, MR 2013, Consumer Behavior, edisi 10, Pearson Education, America.

Pemerintah Kota Malang, 2015, Perhitungan Pajak Retribusi/Reklame Insidentil dan Reklame Tetap/Permanen-Berdasarkan Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 4 Tahun 2008, diakses tanggal 06 Mei 2017, (http://malangkota.go.id/wp-content/uploads/2015/02/reklame.pdf).

Roisah, K 2015, Konsep Hukum Hak Kekayaan Intelektual HKI; Sejarah, Pengertian, dan Filosofi Pengakuan HKI dari Masa ke Masa, Setara Press, Malang.

Azwar, E 2015, Aliran Desain Grafis Yang Ada Di Dunia, Diakses tanggal 20 Januari 2018, (http://eggyaz-e9.blogspot.co.id/2015/12/aliran-desain-grafis-yang-ada-di-dunia.html).

Thompsom, B, diakses tanggal 20 Januari 2018, (https://id.pinterest.com/pin/445293481880363567/).
Diterbitkan
2023-01-15